blank
Arahan dan diskusi dari perwakilan PT SG kepada penerima beasiswa Best dalam kegiatan SG Cerdas Goes to School: Monitoring dan Evaluasi tahun 2021 di Rumah BUMN Rembang. Foto: dok/humas PTSG

REMBANG (SUARABARU.ID)– PT Semen Gresik (PT SG) melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) SG Cerdas, kembali memberikan program Beasiswa Prasejahtera Berprestasi (Best), yang diperuntukkan bagi 20 mahasiswa prasejahtera berprestasi di Kabupaten Rembang.

Seremonial Penyerahan beasiswa Best bagi penerima manfaat perguruan tinggi itu, akan diserahkan bulan ini oleh jajaran manajemen PTSG.

Senior Manajer Komunikasi dan CSR PT SG, Dharma Sunyata mengungkapkan, tujuan utama beasiswa ini adalah, sebagai bentuk kontribusi perusahaan kepada mahasiswa yang berprestasi dari keluarga prasejahtera yang ada di Rembang, guna mendorong semangat dalam belajar, serta dapat menjadi inspirator untuk kolaborasi bersama Semen Gresik dalam aktivitas keberlangsungan program.

BACA JUGA: Ini Bantuan untuk Pesantren Lansia dari Laznas BSMU dan IZI

blank
Interaksi dan diskusi antarpenerima beasiswa Best bersama tim CSR PT SG pada kegiatan SG Cerdas Goes to School: Monitoring dan Evaluasi tahun 2021 di Rumah BUMN Rembang. Foto: dok/humas PTSG

”Pemberian beasiswa ini merupakan bagian dari program CSR PT SG, dalam bidang pendidikan. Beasiswa pendidikan juga merupakan komitmen SIG Group, Induk Perusahaan PT SG, yang diberikan kepada mahasiswa prasejahtera di seluruh wilayah operasional perusahaan,” kata Dharma, dalam siaran persnya, Rabu (9/3/2022).

Selain itu, imbuhnya, sebagai bentuk nyata perusahaan sebagai agen perubahan sosial. Yaitu, turut berperan aktif mendukung program pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan di era Sustainable Development Goals (SDGs), melalui peningkatan kualitas pendidikan.

Menurut Dharma, program Best untuk mahasiswa adalah agenda tahunan, yang sudah berlangsung sejak 2018. Parameter yang digunakan sebagai dasar seleksi pada tahun ini, meliputi mahasiswa berstatus warga asli Rembang, menjalani kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan IPK minimal 3,2, dan dapat memenuhi syarat yang distandarkan tim seleksi, yang terdiri dari konsultan dan pakar pendidikan.

BACA JUGA: Nanik, Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Jepara

Peminat program Best tahun ini, terangnya, mencapai 61 mahasiswa semester dua, empat dan enam dari berbagai PTN ternama di Indonesia. Dari puluhan pendaftar itu, telah terjaring 20 mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang ditentukan tim seleksi.

Para mahasiswa penerima beasiswa itu, saat ini tengah menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Walisongo, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, dan IAIN Kudus.

”Program beasiswa ini merupakan progam tahunan. Mahasiswa menerima satu tahun satu kali, dengan tujuan men-support kebutuhan dalam keberlangsungan kuliah. Nominal beasiswa yang diberikan sebesar Rp 8 juta untuk masing-masing mahasiswa,” ungkap Dharma.

Dia berharap, melalui program beasiswa ini mampu mendorong terciptanya peningkatan kualitas pendidikan, serta mencetak lulusan yang punya integritas tinggi, berwawasan kebangsaan, serta mempunyai kompetensi untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Riyan