blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menanam buah di Desa Kalirancang, Kecamatan Alian,(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Memperingati HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 103, sekaligus HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 72, dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke 60, Satpol PP Kabupaten Kebumen menggelar berbagai kegiatan.

Salah satunya dengan aksi penanaman pohon buah-buahan yang dipusatkan di Desa Kalirancang, Kecamatan Alian, Jumat (4/3). Pada kesempatan tersebut Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih menanam pohon buah-buahan sekaligus untuk penghijauan.

Acara dihadiri Kasat Pol PP Kebumen Udi Cahyono, Camat Alian Kinanto serta jajaran Forkopimcam Alian, tamu undangan dan masyarakat termasuk ibu-ibu.

blank
Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menanam pohon buah di Desa Kalirancang.(Foto:SB/Ist)

Adapun jumlah pohon yang ditanam sebanyak 200 batang jenis buah.  Terdiri atas 50 bibit buah kelengkeng dan 150 batang alpokat.

Kepala Satpol Udi Cahyono menjelaskan, penanaman pohon ini dilakukan sekaligus untuk mendukung program Bupati ‘’Nandur Wit Nggo Anak Putu’’. Terlebih pohon yang ditanam merupakan jenis buah buahan.

Dengan penanaman ini, Kasat PolPP berharap nantinya bisa bermamfaat bagi masyarakat. Baik secara ekonomi maupun lingkungan. Terutama ketika sudah berbuah nanti.

“Harapannya bisa bermanfaat untuk masyarakat, baik secara ekonomi maupun lingkungan. Terutama ketika tanaman ini sudah berbuah, bisa dipetik dan menghasilkan. Melalui momentum ini, kita juga ingin mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan,’’ujarnya.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Kepala Satpol PP Udi Cahyono dan Camat Alian Kinanto pada penanaman pohon di Desa Kalirancang.(Foto:SB/Ist)

Bentuk Cinta Lingkungan dan Bisa Dinikmati Anak Cucu

Sementara itu, Bupati Kebumen menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut Bupati, penanaman pohon merupakan bentuk cinta terhadap lingkungan. Apalagi yang ditanam adalah buah, ini tentunya kelak dapat dirasakan langsung hasilnya oleh masyarakat.

‘’Atas nama Pemerintah,saya Bupati menyambut baik dan terima kasih kepada seluruh Jajaran Satpol PP. Kegiatan ini penting dilakukan untuk anak cucu kita nanti, apalagi yang ditanam buah, kalau sudah berbuah kan bisa dipanen,’’ucap Arif Sugiyanto.

Bupati jua  mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa memanfaatkan lingkungan dengan menanam pohon. Selain alam lebih terjaga, pohon yang ditanam juga bisa menjadi sebuah penghasilan tambahan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyempatkan berdiskusi dengan warga setempat. Berbagai keluhan dilontarkan warga, terutama soal kelangkaan minyak goreng.

Menanggapi hal tersebut, Bupati menegaskan bahwa untuk mengatasi keresahan masyarakat, pemerintah telah melakukan operasi pasar di sejumlah tempat. Bahkan Jumat ini di Kecamatan Alian.

‘’Bapak ibu sekalian, kelangkaan minyak goreng tidak hanya di Kebumen saja, tapi juga di daerah lain. Pemerintah juga telah melakukan operasi pasar di sejumlah tempat. Bahkan Jumat pagi tadi di Desa Krakal juga sudah dilaksanakan operasi. Intinya bertahap tapi nanti menyeluruh,’’imbuh Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.

Komper Wardopo