blank
Zoom meeting program magang BIPA merupakan hasil kerja sama Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan UNS, serta Yale University berlangsung tiga bulan secara daring (Dok/ Humas UNS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Sebanyak 10 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berpartisipasi dalam program magang Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Yale University.

Program magang BIPA merupakan hasil kerja sama Universitas Negeri Semarang (Unnes), UNS dan Yale University serta berlangsung  tiga bulan secara daring

“Program magang BIPA di Yale University untuk memberikan pengajaran kepada mahasiswa setempat tentang bahasa dan budaya Indonesia. Pembelajarannya berbentuk case dengan materi yang dikemas ke dalam empat ranah keterampilan berbahasa berbekal bahasa dan budaya Indonesia,” ungkap Koordinator dan Pembimbing Program Magang BIPA FKIP UNS, Dr. Kundharu Saddhono, S.S, M.Hum, Sabtu (19/2)

Program magang BIPA, lanjut, Dr. Kundharu Saddhono, diharapkan dapat memberikan kiprah positif bagi program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) di ranah internasional. Saat ini,  sedang disiapkan program magang BIPA lain yaitu di Thailand, Jepang, India dan Bangladesh. Untuk universitas setelah Yale University akan dibuka program magang BIPA di Harvard University.

“Harapannya mahasiswa UNS dapat mengajarkan bahasa Indonesia di berbagai Negara. Sehingga semakin banyak mahasiswa asing belajar bahasa dan budaya Indonesia. Hal ini pun nantinya dapat mengangkat harkat martabat bahasa Indonesia, budaya Indonesia, dan tentu citra UNS sebagai pengajar bahasa Indonesia di top university di dunia,” pungkas Dr. Kundharu.

Koordinator dan Pembimbing Program Magang BIPA FKIP UNS juga menambahkan ,  10 mahasiswa UNS yang terpilih berasal dari sembilan  Prodi S-1 PBSI FKIP UNS.

Mereka yakni Ain Nur Safira, Aisyah Salma Rasyidah, Cindy Laila Indahsari, Esti Yulandari, Kenes Ratu Pawestri, Lailatul Karimah, Nanda Yogi Zaliarisma, Nuri Puji Hastuti, dan Umi Zulaihah. Sedangkan dari Prodi S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FKIP UNS yakni Ajeng Sekar Mayastuti.

Secara terpisah dua mahasiswa program magang yakni Nuri Puji Hastuti dan Cindy Laila Indahsari mengatakan, program magang BIPA bertujuan  mengajarkan bahasa Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya asli Indonesia.

Juga untuk memberikan pelatihan bahasa Indonesia bagi mahasiswa Yale University.

“Dengan mengikuti program magang BIPA ini semoga bisa memberikan kontribusi dengan mengenalkan budaya Indonesia secara lebih luas lewat bahasa Indonesia. Selain itu juga memberikan manfaat bagi mahasiswa magang untuk berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa dari Yale University. Setiap mahasiswa magang akan dipasangkan dengan mahasiswa dari Yale University dan berinteraksi via Zoom,” kata Nuri Puji Hastuti dan Cindy Laila Indahsari.

Bagus Adji