blank
Relawan BPBD Wonosobo tengah melakukan pendataan rumah warga yang rawan longsor. Foto : SB/Muharno Zarka

 

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah 8 rumah warga di Kelurahan Sambek Wonosobo Jawa Tengah terancam longsor setelah tebing disekitarnya ambrol akibat terkikis air hujan.

Kepala Kelurahan Sambek Ervin Hidayat, Jumat (18/2/2021), melaporkan hujan deras dengan intensitas tinggi yang turun di beberapa terakhir ini, menyebabkan tebing terkikis air dan 8 rumah warga di sekitarnya terancam longsor.

“Di wilayah Kelurahan Sambek memang ada beberapa rumah warga yang berada di sekitar tebing. Saat musim hujan seperti ini rawan terjadi tanah longsor yang mengancam rumah warga setempat,” katanya.

Lebih Waspada

blank
Tebing dibawah rumah warga Sambek Wonosobo yang mulai ambrol. Foto : SB/Muharno Zarka

Sejumlah rumah warga Sambek yang terancam longsor yakni milik Suyanti (RT 02/ RW 06), Suroto (RT 03/ RW 04), Hadi Seno (RT 03/ RW 04) dan rumah yang dihuni Suripto (RT 01/ RW 11).

Selain itu, juga rumah milik Muharto (RT 03/ RW 13), Muhyanto (RT 03/ RW 12), Tarsono (RT 02/ RW 12) dan rumah kepunyaan SUWARTO (RT 01/ RW 11). Semua rumah yang terancam longsor berada di daerah tebing.

Ervin mengaku telah melakukan pengecekan ke lokasi dan pendataan rumah warga yang terancam tebing longsor. Apalagi saat ini hujan deras dengan intensitas tinggi masih sering terjadi di beberapa waktu terakhir ini.

“Saya meminta warga yang rumahnya berada di dekat tebing, jika hujan deras turun, untuk tetap waspada dan lebih hati-hati. Sebab, di musim penghujan ini banyak tebing yang rawan terjadi longsor dan tanah bergerak,” ujarnya.

Muharno Zarka