blank
Kebakaran yang melanda pabrik plastik Starindo Pati. Foto:Suarabaru.id

PATI (SUARABARU.ID) – Pabrik plastik PT Starindo Jaya Packaging di Jalan Raya Pati-Kudus kilometer 9 Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengalami kebakaran hebat, Sabtu (12/2).

Uniknya, pabrik yang cukup besar ini berlokasi tak jauh di barat Pabrik Kacang Dua Kelinci yang beberapa waktu lalu juga sempat terbakar hebat.

Menurut saksi Siti Umu Kulsum, pemilik warung makan yang berada di depan pabrik yang terbakar di Pati, kebakaran diperkirakan terjadi antara pukul 12.40 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Saat kejadian, kata dia, para karyawan memang sedang beristirahat.

“Tidak ada suara ledakan atau lainnya, tahu-tahu gudang di kompleks perusahaan yang bergerak di bidang rigid packaging dan printing cup terbakar api,” ujarnya.

Kasatpol PP Kabupaten Pati Sugiono mengakui menerima laporan ada kebakaran di PT Starindo Jaya Packaging sekitar pukul 13.13 WIB.

Diduga, peristiwa itu disebabkan adanya lampu pecah yang menyebabkan korsleting listrik di bangunan gudang barang jadi.

Percikan api dari korsleting listrik itu kemudian mengenai barang jadi berupa cup plastik. Tak lama api pun membesar dan merembet ke gudang bahan baku berupa biji plastik.

“Info (diduga) penyebab (kebakaran), (dari) lampu pecah menyebabkan korsleting langsung menyambar barang jadi, merembet ke gudang bahan berupa biji plastik,” katanya.

Untuk memadamkan api, dikerahkan 15 unit armada kebakaran dari Pemkab Pati maupun sejumlah perusahaan di Pati maupun Kudus.

Ulin, salah satu pegawai PT Starindo Jaya Packaging mengakui saat kejadian tidak berada di lokasi karena tengah istirahat.

“Saksi yang mengetahui kebakaran tersebut, tentunya satuan pengamanan (satpam) perusahaan yang kebetulan pos jaganya dekat gudang yang terbakar,” ujarnya.

Gudang yang terbakar itu, digunakan untuk menyimpan produk jadi yang terbuat dari plastik.

Hingga pukul 15.30 WIB, tim pemadam gabungan masih berupaya melakukan pemadaman api.

Ant-Ab

Baca juga :Pabrik Kacang Dua Kelinci Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya