blank
Atlet seluncur cepat Republik Ceko Martina Sablikova ketika beraksi dalam nomo 5.000m putri di National Speed Skating Oval, Beijing, China, 10 Februari 2022.

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Martina Sablikova menjadi atlet Ceko yang paling banyak mendapat medali Oimpiade Musim Dingin setelah pada Kamis memenangkan medali ketujuh dari cabang seluncur cepat atau speed skating selama karirnya.

Mengikuti Olimpiade untuk kelima kalinya, atlet berusia 34 tahun itu meluncur dari nomor 5.000 meter dengan kecepatan waktu setiap putaran relatif stabil pada 32 detik untuk memperoleh medali perunggu. Dia total mencetak waktu enam menit 50,09 detik dari 12,5 putaran pada nomor ini.

“Saya senang sekali karena saya tidak beranggapan hari ini saya akan mendapat medali. (Tapi sekarang) saya mendapatkan perunggu. Saya tidak bisa berkata-kata. Satu bulan (lalu) saya tak tahu saya akan bertanding di sini.. . Sulit untuk mempersiapkan Olimpiade ini,” kata Sablikova seperti dikutip Reuters.

Dia memiliki serangkaian medali atas namanya, termasuk emas 5.000 meter Olimpiade Musim Dingin Vancouver dan Sochi, dan emas 3.000 meter pada Oimpiade Vancouver.

Meskipun sangat berpengalaman, dia mengaku gugup saat merasakan beban harapan dari negaranya terpikul ke pundaknya selama lomba ini.

“Saya gugup sekali. Saya bilang ‘Ya Tuhan, saya akan mendapat tempat keempat lagi’,” kenang dia menunjuk finis keempatnya dari nomor 3.000 meter putri pada Sabtu.

Perasaan lega muncul saat dia melihat skater lain tidak bisa menandingi waktunya dan dia tahu dia telah memenangkan medali perunggu.

“Saya bangga sekali tetapi saya sunguh tak percaya,” kata dia.

Sablikova sudah berbicara soal pensiun setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing ini, tetapi dia goyah setelah mendapatkan medali perunggunya.

“Saya mendapatkan satu medali, jadi kita lihat saja. Saya harus menunggu sampai akhir musim, lalu saya punya waktu untuk memikirkan apa yang akan saya lakukan tahun depan.”

Ant/Muha