blank
Tim Balai Bahasa Provinsi Jateng yang dipimpin Ganjar Harimansyah, saat melakukan audiensi ke Sekda Pemprov Jateng, Sumarno. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang publik dan dokumen/surat dinas di lingkungan lembaga pemerintah, pendidikan, dan swasta, diatur dalam Undang Undang dan Peraturan Pemerintah.

Untuk itu, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, memiliki program pendampingan penggunaan bahasa di kedua ranah itu, kepada 45 lembaga di Jateng pada periode 2022-2024.

Hal itu seperti yang disampaikan Ganjar Harimansyah, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng, saat beraudiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Sumarno, di Ruang Rapat Sekda, belum lama ini.

BACA JUGA: UT dan Pemkab Tegal Tandatangani MoU Digital Learning Ecosystem

”Selama ini pembinaan kebahasaan belum dilakukan secara intensif, dan hanya berbasis kuantitas. Mulai tahun ini sampai tiga tahun ke depan, pembinaan bahasa di ruang publik dan dokumen/surat dinas, akan dilakukan lebih terfokus dan terukur,” kata Ganjar.

Audiensi ini juga dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, serta pejabat OPD dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar), serta Biro Organisasi Setda Jateng.

Sementara itu, Sumarno menyatakan, Pemprov Jateng sangat mendukung adanya program ini. Tindak lanjut audiensi ini akan dikoordinasikannya dengan OPD terkait.

BACA JUGA: Inspektorat Kebumen Raih APIP Level 3 dari BPKP DIY

”Sikap positif, dukungan, dan sinergi semua pihak diperlukan, dalam pemartabatan bahasa Indonesia. Jika bukan kita, siapa lagi,” ujar Sumarmo.

Sedangkan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Suyanta menyampaikan, pihaknya segera menyosialisasikan produk Balai Bahasa sebagai pendukung literasi dan pembelajaran. Seperti bacaan anak dan Kamus Budaya Jawa, yang dapat diunduh secara gratis dalam platform daring, kepada guru dan peserta didik.

Dalam kesempatan itu, Disporapar juga menyatakan siap mendukung program ini di ruang publik, seperti di tempat wisata, hotel, dan tempat hiburan yang ada di wilayah kerjanya.

Dalam audiensi itu, Ganjar Harimansyah didampingi Plt Kasubbag Tata Usaha, Koordinator Protokoler, Koordinator KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum, serta anggota KKLP Jalinan Media.

Riyan