blank
Para mahasiswa FH USM yang menjalani magang berfoto bersama dengan Dekan FH USM, Dr Amri P Sihotang SS SH MH.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Fakultas Hukum (FH) Universitas Semarang (USM) menerjunkan 73 mahasiswa untuk melaksanakan magang selama 1 bulan di sejumlah instansi di Jawa Tengah. Tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan soft skill mereka.

Kegiatan yang dimulai 7 Februari hingga 4 Maret 2022 itu di bawah koordinasi Laboratorium Fakultas Hukum USM.

Hal itu diungkapkan Dekan FH USM, Dr Amri P Sihotang SS SH MH dalam saat penerjunan mahasiswa magang di Kantor Advokat Sutrisno SH dan Rekan pada Senin (7/2/2022).

Amri berpesan kepada mahasiswa magang agar menjadikan momentum ini untuk mengasah kemampuan serta menjadikan bekal selepas lulus dari FH USM.

”Kami minta mahasiswa menjaga nama baik almamater, kampus FH USM,” tandas Amri.

Menurut Kepala Laboratorium FH USM, Muhammad Iftar Aryaputra SH MH, penerjunan mahasiswa magang merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh FH USM. Pada saat awal pandemi tahun 2020 lalu, penerjunan mahasiswa magang dihentikan.

”Karena kondisi saat ini sudah kondusif, pimpinan FH USM memutuskan untuk membuka kembali penerjunan magang bagi mahasiswa,” ujarnya.

Menurutnya, persyaratan untuk dapat mengikuti magang adalah mahasiswa FH USM minimal duduk di semester 6, baik kelas pagi maupun sore.

”Setelah magang, mahasiswa nantinya akan mendapatkan sertifikat yang nanti dapat menjadi surat keterangan pendamping ijazah,” tuturnya.

Dalam periode ini, katanya, magang diikuti oleh 73 mahasiswa, yang diterjunkan di beberapa instansi seperti Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, DPRD Jawa Tengah, Kantor Pertanahan Kota Semarang, Polda Jateng, Kanwil Kemenkumham Provinsi Jateng, Kantor Advokat Sutrisno SH dan Rekan, serta beberapa instansi pemerintah maupun kantor notaris lain.

Menurut Iftar, ada dua sistem magang yang ditawarkan oleh fakultas, yaitu magang mandiri dan terstruktur. Untuk magang mandiri, mahasiswa bebas memilih lembaga magang. Sedangkan magang terstruktur, mahasiswa ditempatkan pada instansi yang sudah memiliki kerja sama dengan FH USM.

”Ke depan, fakultas akan membuka magang khusus. Magang khusus ini diperuntukkan untuk mengakomodasi mahasiswa kelas sore yang ingin magang di instansi tertentu, yang telah ada kerja sama dengan FH USM.

”Dalam waktu dekat, FH akan menerjunkan mahasiswa magang di kantor KY Penghubung Wilayah Jawa Tengah,” ungkapnya.

Muha