Tim gabungan TNI-Polri dan petugas medis, melakukan chek point di tapal batas Kismantoro Wonogiri (Jateng)-Bandar Pacitan (Jatim). Termasuk memeriksa kondisi suhu badan.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Operasi pemeriksaan dan pengechekan (chek point), digelar oleh tim gabungan TNI-Polri di sejumlah titik tapal batas antarprovinsi di Kabupaten Wonogiri.

Chek point digelar di tiga lokasi tapal batas. Pertama, di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri (Jateng) yang berbatasan dengan Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan (Jatim). Kedua, di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri (Jateng) yang berbatasan dengan Kecamatan Punung Pacitan (Jatim).

Ketiga, di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri (Jateng), yang berbatasan dengan Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul Wonosari (DI Yogyakarta) dan juga menjadi tapal batas Kabupaten Wonogiri-Sukoharjo.

Pelaksanaan Chek Point di tapal batas ini, diinstruksikan Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto. Tujuannya, untuk mengantisipasi penularan Covid-19 yang belakangan ini jumlahnya meningkat.

”Sekaligus untuk melakukan pencegahan terhadap varian baru Omicron,” jelas Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono.

Dalam kegiatan chek point tersebut, semua pelintas batas diperiksa dan dilakukan tes swab secara random. Bagi yang kedapatan positif, dilarang melintas ke wilayah Kabupaten Wonogiri, dan disarankan untuk kembali pulang menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Chek Point Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri dipimpin Kapolsek Iptu Sunardi. Terdiri atas 10 personel kepolisian, 4 anggota Koramil-20 Kismantoro dan 2 tenaga medis dari Puskesmas.

Tidak Bermasker

Petugas gabungan ini memeriksa 13 kendaraan bermotor pelintas batas, terdiri atas 6 mobil angkutan barang dan 7 mobil pribadi. Berikut sebanyak 20 pengendara sepeda motor.

Di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Tim Gabungan TNI-Polri dan aparat dari dinas terkait, memeriksa para pengendara di pos cehk point depan Kantor Kecamatan.

Dari mereka, kedapatan 15 pengendara yang tidak bermasker dan kepadanya diberikan masker secara cuma-cuma untuk dipakai.

Tidak ditemukan pengendara yang bersuhu badan tinggi. Mereka bisa menunjukkan bukti telah menjalani vaksin dua kali, serta tidak ada yang positif corona.

Chek Point di Kecamatan Karangtengah,  melibatkan 6 personel kepolisian, 3 anggota Koramil dan 2 aparat Kantor Kecamatan. Tim gabungan ini memberikan masker gratis kepada 12 orang yang kedapatan tidak memakainya.

Sementara itu, Danramil-11 Manyaran Kapten (Inf) Agus Priyanto, melaporkan, bersama jajaran Polsek dan Dinas terkait, menggelar chek point operasi yustisi penegakan disiplin (Gakplin) Prokes bagi para pengendara kendaraan bermotor pelintas batas.

Pemeriksaan kendaraan dilakukan di depan Kantor Kecamatan Manyaran, Wonogiri. Kepada pengendara yang tidak bermasker diberikan pembagian gratis masker untuk dipakai.

Melalui tindakan humanis, diserukan agar warga masyarakat berdisiplin memakai masker manakala melakukan aktivitas dan mematuhi Prokes dalam upaya mencegah penularan wabah virus corona.

Bambang Pur