blank
Wakil Ketua Siwo PWI Jateng, Sigit Pramono (kiri) berfoto bersama Sekjen Siwo PWI Pusat Suryansyah, jelang pelaksanaan Rakernas Siwo PWI di Hotel D'blitz, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: spr

KENDARI (SUARABARU.ID)– Ada lima agenda penting yang dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) 2022, di D’blitz Hotel, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin-Rabu (7-9/2/2022).

Sekjen Siwo Pusat, Suryansyah di Kendari mengatakan, pada hari pertama agenda rutin yang digelar dalam Rakernas adalah, pembahasan laporan Kerja Siwo PWI Pusat 2021 dan proyeksi 2022.

Kemudian berlanjut pada pemaparan kesiapan Jawa Timur selaku tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022. Pemaparan itu disampaikan langsung oleh Kadispora Jatim mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa, di depan peserta Rakernas.

BACA JUGA: Kedokteran Unissula Perluas Kerjasama di Cirebon

”Rakernas kali ini begitu penting, mengingat tahun ini akan digelar Porwanas. Sehingga bagi Jatim selaku tuan rumah, akan menjelaskan tentang kesiapan Porwanas 2022, termasuk regulasinya,” ujar Suryansyah dalam keterangannya, Senin (7/2/2022).

Pada bagian lain disampaikan pula, Ketua Umum Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, juga akan memberikan sambutan seputar perkembangan olahraga di level internasional, dan kemitraannya dengan media.

Kemudian ada pemaparan dari Deputi IV Kemenpora, Chandra Bhakti, mengenai sinergitas Kemenpora dan Siwo PWI, serta pemaparan terkait implementasi kerja sama PWI dan Kemenpora bersama Penasihat PWI Pusat, yang juga Staf Ahli Menpora, Mahfudin Nigara.

BACA JUGA: T.O.P Bigbang Akhiri Kontrak Dengan YG dan Umumkan Comeback Pada Musim Semi

Untuk hari kedua Rakernas Siwo, berupa penyerahan penghargaan inisiator olahraga Siwo PWI 2022. Dalam acara ini akan ada 21 kepala daerah, mulai dari Gubernur, Bupati/Wali Kota, pengurus KONI daerah dan anggota legislatif, yang memiliki andil membangun, membina, dan memajukan prestasi olahraga di daerah.

Penghargaan akan diserahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, didampingi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari.

Selain penyerahan penghargaan, Menpora juga akan memberikan pengarahan untuk penajaman Design Besar Olahraga Nasional (DBON), yang diyakini sebagai salah satu solusi kebangkitan olahraga Indonesia.

BACA JUGA: KPH Mantingan Survei Untuk Buka Bisnis Baru Lewat Agroforestri Tebu Mandiri

Puncak dari sosialisasi DBON bersama media ini, akan berlangsung pada Rabu (9/2/2022), tepat pada saat pelaksanaan perayaan Hari Pers Nasional. Disaksikan secara daring oleh Presiden RI, dan akan ada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Ketua PWI Pusat dan Menpora, terkait dengan kerja sama sosialisasi DBON.

Sementara itu, Wakil Ketua Siwo PWI Jateng, Sigit Pramono, yang ikut hadir dalam Rakernas menyampaikan, acara ini diperkirakan berlangsung seru, terutama dalam pembahasan Porwanas 2022 di Jatim, khususnya masalah regulasi dan nomor nomor yang akan dipertandingkan nanti.

Namun pihaknya berharap, dalam agenda pembahasan Porwanas semua dapat berlangsung aman dan lancar, demi kesuksesan pelaksanaan Porwanas tahun ini.

”Seperti dalam beberapa Rakernas Siwo PWI yang pernah kami ikuti, pembahasan mengenai nomor pertandingan dan regulasinya, menjadi hal yang paling seru dalam penentuannya. Tetapi itu semua merupakan dinamika dalam mengambil sebuah keputusan. Kami berharap hasil akhir akan menyenangkan bagi semuanya,” tukas wartawan olahraga senior ini.

Sigit PR-Riyan