MAGELANG (SUARABARU.ID) – Mulai 2 Februari 2022 Perusahaan Daerah Objek Wisata (PDOW) Taman Kyai Langgeng Kota Magelang melakukan strategi Brand Image Transformation, menjadi ‘TKL Ecopark, Exciting Eco-Friendly Park’.
Brand Image Transformation ini tahap kedua dalam transformasi perusahaan, setelah sebelumnya pada Juli – Desember 2021 perusahaan ini Bisnis Model Transformation, yang membuat layanan untuk pengunjung semakin menarik.
Seremonial peresmian brand baru ini dilakukan di Taman Kyai Langgeng yang dihadiri Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, beserta jajarannya.
Direktur Utama PDOW Taman Kyai Langgeng, Arif Taat Ujiyanto menjelaskan, pihaknya telah melakukan riset selama 4 bulan, sebelum akhirnya mengganti brand Taman Kyai Langgeng.
Brand Image Transformation ini merupakan awalan dari perubahan-perubahan yang akan terjadi di obyek wisata unggulan Kota Magelang ini.
‘’Usia Taman Kyai Langgeng 34 tahun memang perlu ada penyegaran dan sebuah trigger untuk perbaikan-perbaikan. Taman ini dibangun pada 15 September 1987,’’ tuturnya, kemarin.
Taat memaparkan, perusahaan mengambil logo kombinasi daun dengan siluet burung kepodang memiliki arti, daun tumpuk tiga ke atas searah jarum jam mengartikan membawa kesan unsur natural, bangkit dan tumbuh
Kemudian, menggunakan simbol flora. Siluet burung merupakan penggambaran burung kepodang yang merupakan ikon Taman Kyai Langgeng.
Adapun pemilihan warna pada logo memiliki arti yaitu Kuning dan Orange memiliki kesan kreatif, bahagia, enerjik, kebebasan, antusias dan percaya diri/optimis.
Sedangkan ungu melambangkan imajinasi dan spiritual yang secara umum juga dianggap Exciting Eco-Friendly Park mampu menarik perhatian serta memberi kesan independen, bijaksana serta visioner.
Arif menjelaskan, penamaan TKL Eco Park dengan slogan Exciting Eco-Friendly Park memiliki arti, Taman Kyai Langgeng adalah taman rekreasi terbuka hijau yang berfungsi sebagai sarana rekreasi sekaligus tempat bermain dan belajar bagi masyarakat umum, serta bisa meningkatkan kepedulian pada alam.
‘’Kita ingin Taman Kyai Langgeng menjadi sebuah taman yang betul-betul friendly, bisa memberikan kehangatan, penuh wahana alam, sehingga memberikan suasana yang menyenangkan,’’ ungkapnya.
Beberapa produk unggulan yang ditawarkan antara lain Botanical Park, Edu Park, Playground Park, Adventure Park dan Culinary Park
Selain Brand Image Transformation, Bisnis Model Transformation juga masih terus bergulir. Dengan strategi ini berhasil meningkatkan jumlah Kunjungan.
Pada Oktober – Desember 2020 angka kunjungan 42.004 orang, meningkat menjadi 85.503 orang pada Oktober – Desember 2021.
Wali Kota Muchamad Nur Aziz meminta, dengan perubahan brand image ini diharapkan kedepan Taman Kyai Langgeng menjadi favorit masyarakat Kota Magelang maupun daerah lain untuk berwisata.
‘’Taman Kyai Langgeng tidak sekadar menawarkan permainan tapi juga edukasi, tentang flora, fauna, dan sebagainya,’’ ujarnya.
Penulis : Prokompim/Pemkotmgl
Editor : Doddy Ardjono