blank
Penanganan pohon tumbang di Jalan Raya Jenderal Sudirman Kota Wonogiri, dilakukan oleh TRC dari BPBD bersama Damkar, relawan ICW dan aparat kepolisian.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kasino, Ketua RT 1/RW 2 Dusun Karangtengah, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, melayangkan surat permohonan bantuan relawan SAR untuk memangkas pohon Dhanyangan (Pundhen).

Permohonan bantuan disampaikan ke Tim Search And Rescue (SAR) Majelis Tafsir Al Quran (MTA) Kabupaten Wonogiri. Mengingat, warga tidak ada yang berani melakukan pemangkasan terhadap pohon besar yang dianggap keramat tersebut.

Tindakan pemangkasan atau mengurangi dahan dan rantingnya, perlu dilakukan agar tidak membahayakan warga yang bermukim di sekitarnya. Utamanya terhadap ancaman tumbang atau roboh, saat bersamaan turun hujan deras yang disertai angin kencang.

Sementara itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan penanganan pohon tumbang melintang jalan yang memacetkan arus lalu lintas. Penanganan dilakukan bersama personel dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Wonogiri, relawan ICW (Info Cegatan Wonogiri) dan dari petugas kepolisian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Kamis (3/2), menyatakan, yang tumbang adalah turus jalan (pohon peneduh jalan) di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Kota Wonogiri. Tepatnya di depan Bank Jateng Syariah Wonogiri.

Karena Rapuh

”Pohon itu tumbang karena kondisi di bagian pangkalnya rapuh. Tidak ada korban jiwa maupun luka,” jelas Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto.

blank
Untuk tindak lanjut pembersihan dahan dan ranting pohon tumbang di Jalan Jenderal Sudirman Kota Wonogiri, dilakukan bersama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Untuk pengangkutan hasil penebangan pohon yang tumbang dan pembersihan batang serta rantingnya di lokasi, dikoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wonogiri.

Kemacetan arus lalu lintas di ruas jalan protokol Kota Wonogiri tersebut, segera dapat dilancarkan kembali.

Pohon tumbang yang terjadi bersamaan dengan hujan angin, menjadi bagian dari jenis bencana alam hidrometeorologi, yang erat kaitannya dengan iklim dan cuaca ekstrem.

Kepada dinas terkait, diimbau untuk secara selektif melakukan penebangan atau pemangkasan pada pohon turus jalan. Utamanya yang kondisinya telah rapuh atau beban dahan dan rantingnya berlebihan, dan berpotensi tumbang. Sebab, ini dapat membahayakan keselamatan arus lalu lintas.

Bambang Pur