blank
Rois Syuriyah PCNU Kebumen KH Afifudin Khanif (Gus Afif) bersama Rahmad Sahid (mitra), Ketua YPPNU Munajat dan Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama usai membuka pintu BLK Pesantren An Nahdloh.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN  (SUARABARU.ID) – Civitas Academica Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen Senin (31/1) menggelar Apel Harlah NU ke 96 di halaman kampus Jalan Tentara Pelajar.

Yang lebih istimewa, Apel Harlah NU ke-96 diikuti segenap dosen IAINU Kebumen, staf akademik, pejabat struktural hingga Pimpinan Yayasan Penyelengara Pendidikan NU (YPPNU) Kebumen.

Bahkan bertindak sebagai Pembina Apel Harlah NU adalah Ketua Pembina YPPNU sekaligus Rois Syuriyah PCNU Kebumen KH Afifudin Chanif (Gus Afif).

Sehabis apel, diteruskan syukuran selesainya pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Pesantren An Nahdloh di kompleks kampus IAINU Kebumen. Bangunan seluas 14 m x 17 m itu dibuka oleh Rois Syuriah PCNU Kebumen, KH Afifuddin Chanif usai apel  Harlah NU Ke-96 di halaman IAINU Kebumen,.

Gus Afif  menyampaikan rasa syukur atas selesainya pembangunan BLK yang dimulai sejak Agustus 2021 itu.”Mudah-mudahan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana kegiatan Pesantren An Nahdloh,”tutur Gus Afif.

blank
Civitas Academica IAINU Kebumen, dosen,,karyawan dan pimpinan mengikuti Apel Harlah NU ke 96 di halaman kampus setempat, Senin 31/1/(Foto:SB/Ist)

Pengasuh Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Sumberadi Kebumen itu pun sempat menyampaikan berbagai program dari PCNU Kebumen yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, saat menjadi Pembina Apel Harlah NU Ke-96.

Antara lain pelatihan calon wirausaha muda, pemberian modal stimulus, gerakan koin NU Kebumen (Genuk), pemberian beasiswa dan penanaman serta  pendisribusian pohon bidara untuk memandikan jenazah.

Tidak ketinggalan kegiatan Tahsinul Jam’iyyah (akreditasi) bagi 26 Majelis Wakil Cabang (MWC) NU se-Kebumen. Adapun rangkaian kegiatan Harlah NU kali ini dimulai dari ziarah kubur ke 31 makam pendiri dan tokoh NU, mujahadah, halaqah dan pembinaan organisasi.

Buka Pintu BLK dengan Mujahadah

Selanjutnya digelar gowes (peseda santai) keliling kota bertema “Bahagia Bersama NU” dengan mengambil star dari kampus IAINU Kebumen dan finish di kampus UMNU Kebumen pada 13 Februari 2022 mendatang.

Amanat dari Rois Syuriyah PCNU Kebumen Gus Afif itu kemudian ditutup dengan yel-yel yang disambut para peserta apel dari dosen serta  karyawan IAINU Kebumen. “Siapa kita…”, “NU”, “NKRI…”, “Harga mati”, “Pancasila…”, “Jaya”.

Usai apel Harlah NU Ke-96, Gus Afif menuju bangunan BLK di sisi timur depan Pesantren An Nahdloh untuk memotong pita. Penandatanganan prasasti oleh mitra kerjasama BLK Pesantren An Nahdloh, Rahmat Said.

Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama didampingi Wakil Rektor Benny Kurniawan mengemukakan, pembangunan BLK yang didanai sekitar Rp 800 juta itu merupakan bantuan dari Kemenaker RI.”Saat ini sifatnya baru  serah terima kunci bangunan. Nantinya akan diresmikan oleh pihak Kemenaker,” ungkap Rektor

 

Menurut Fikria, BLK tersebut disiapkan sebagai tempat pelatihan komputer, teknologi informasi serta pembinaan mentor. Bangunan yang telah dibuka itu pun langsung dijadikan tempat mujahadah yang diimami oleh Pengurus Yayasan Penyelenggara Pendidikan NU, KH Saiful Munir.

Fikria megakui, keberadaan BLK itu memang merupakan pengembangan di luar akademik. Namun,  imbas dari beroperasinya BLK nanti ke IAINU. Terlebih, santri yang mondok di Pesantren An Nahdloh asuhan Ibu Maesaroh itu semuanya mahasiswa IAINU.

Komper Wardopo