blank
Kapolres memberikan penghargaan kepada seorang satpam, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Polres Magelang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam). Upacara peringatan dilaksanakan di halaman Polres Magelang, diikuti anggota Polres dan perwakilan Satpam dari instansi pemerintah maupun swasta, Senin (31/1/2022) pagi.

Peringatan HUT Satpam tahun ini mengusung tema: Bersama Polri, satuan pengamanan siap menjaga kamtibmas dan penanggulangan Covid-19.

Kapolres AKBP Mochammad Sajarod Zakun menyampaikan, anggota Satpam yang merupakan mitra Polri ikut dalam pencegahan penularan Covid-19 dengan meningkatkan pengawasan kepada setiap orang di lingkup tugas kerjanya.
“Bertindaklah dengan tegas dan humanis untuk menegur, serta mengingatkan setiap orang yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19, terutama dalam pemakaian masker,” tandasnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, Polri merasa terbantu dengan kinerja anggota Satpam dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Terutama tugas preemtif dan preventif di lingkungan kerja masing-masing di wilayah hukum Polres Magelang.

Polri menyadari dengan keterbatasan personel, sarana prasarana serta anggaran, Polri tidak akan mampu menciptakan situasi yang kondusif di tengah masyarakat. Maka kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Magelang dituntut semakin profesional.

Dia berpesan, dalam pelaksanaan tugas, petugas Satpam harus mampu meningkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholders lain, dan berbagai elemen masyarakat. Guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya.

Dia berterima kasih dan mengapresiasi kinerja Satpam selama ini sebagai mitra Polri. Terutama dalam memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Magelang.

Peringatan HUT Satpam ini diharapkan sebagai momentum untuk evaluasi kinerja sekaligus refleksi pemuliaan profesi Satpam. “Tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas, serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam,” pintanya.

Eko Priyono