blank
NAIK MOTOR - Lurah Debong Tengah Iwan membawa Siti Maulida ke RSUD Kardinah dengan menaiki sepeda motor. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Siti Maulida (13) putri dari penjual balon Muhamad Iswanto (40) warga RT 05 RW 01 Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal yang belum menerima bantuan dari pemerintah terdeteksi mengalami gizi buruk.

Hal itu terungkap saat Tim Medis dari Puskesmas Tegal Selatan melakukan kunjungan dan memeriksa Maulida di rumah kontrakannya Jalan Salatiga RT 03 RW 01 Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Selasa (25/1/2022). Tim medis yang dipimpin oleh dr Wiwit Prastuti telah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan Siti Maulida sebagai langkah awal.

blank
PEMERIKSAAN – Siti Maulida mendapat pemeriksaan dari tim medis Puskesmas Tegal Selatan. (foto: nino moebi)

“Hasil pemeriksaan terhadap Siti Maulidan terdeteksi dari pemeriksaan antropometri (ukuran tubuh) yang merupakan salah satu cara langsung menilai status gizi, tinggi badan dan berat badan kurang dari normal. Artinya Siti Maulida terdeteksi gizi buruk. Jadi perlu penanganan lebih lanjut dan lebih intensif,” kata dr Wiwit Prastuti disela pemeriksaan Selasa (25/1/2022).

BACA JUGA:
– Puluhan ASN dan Non ASN Terjaring Razia Vaksin Booster
– Pengakuan Penjual Balon yang Belum Pernah Terima Bantuan dari Pemerintah

Dijelaskan, untuk kondisi saat ini masih baik artinya bisa makan tapi perlu penanganan lebih lanjut untuk perbaikan kondisi berat badan dan tinggi badan agar bisa normal kembali. Selanjutnya nanti diperiksakan ke dokter spesialis anak.

Kepada Iswanto, dr Wiwit menyarankan agar putrinya Siti Maulida untuk segera dirujuk ke dokter spesialis anak yang khusus menangani tumbuh kembangnya anak. Karena terdeteksi Siti Maulida ada gizi buruk. “Gizi buruknya itu disebabkan karena apa, nanti dideteksi lebih teliti dokter spesialis anak. Setelah dari dr spesialis anak kelanjutannya nanti kami dari Puskesmas akan memantau perkembangan Siti Maulida,” ujar dr Wiwit Prastuti kepada Iswanto.

blank
PEMERIKSAAN – Camat Tegal Selatan Abdan Harimurti, Lurah Debong Tengah, Iwan dan dr Wiwit Prastuti mengawal pemeriksaan. (foto: nino moebi)

Camat Tegal Selatan, Abdan Harimurti meungkapkan, terkait Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi Iswanto pihaknya akan membantu untuk menguruskan melalui staf dari kelurahan Debong Tengah. “Mudah-mudahan bulan depan sudah bisa terbit KIS-nya. Namun demikian untuk penanganan awal tetap akan periksakan Siti Maulida ke dokter spesialis anak,” ungkap Abdan.

Tak lama kemudian Lurah Debong Tengah, Iwan ST dan Sekretaris Kelurahan Martono membawa Siti Maulida ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah untuk menjalani pemeriksaan tes urin, tes darah dan rontgen.

Diberitakan sebelumnya, Muhamad Iswanto (40) warga RT 05 RW 01 Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, mengaku selama ini belum pernah mendapatkan bantuan apapun secara resmi dari pemerintah. Saat staf Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Iwan mengecek data base melalui komputer benar adanya. Bahwa nama Muhamad Iswanto belum masuk ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Diketahui Iswanto belum menerima bantuan, berawal dari kader Posyandu Kelurahan yang melakukan pendataan dan kunjungan di kontrakan Iswanto mendapati putri Iswanto, Siti Maulida (13) dengan kondisi badan kurus dan perut buncit. Iswanto berstatus duda tinggal bersama kedua anaknya Siti Maulida (13) Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah dan Muhamad Ja’far (11) Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah di kontrakan ukuran 4 x 6 meter persegi.

Nino Moebi