blank
ASN Disperindag sedang mengecek harga minyak goreng di salah satu toko modern, (Dok)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Harga minyak goreng kemasan di toko modern di Kota Magelang sejak 20 Januari 2022 serempak menjadi Rp 14.000/liter. Harga ini sesuai kebijakan pemerintah pusat yang menerapkan satu harga di seluruh Indonesia.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo.

‘’Toko-toko modern di Kota Magelang sudah menerapkan kebijakan satu harga tersebut. Kita sudah  cek langsung ke lapangan dan betul sudah satu harga,’’ katanya, kemarin.

Untuk tahap awal, lanjut mantan Kepala Diskominsta,  kebijakan satu harga baru dijalankan di supermarket dan ritel modern anggota APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia).

Namun, pihaknya tidak mengetahui persis berapa jumlah kemasan yang dijual secara keseluruhan, maupun di masing-masing toko tersebut.

‘’Kami tidak tahu jumlah pastinya berapa. Namun, dari pantauan kami di lapangan untuk stok rata-rata di Alfamart dan Indomaret sudah kehabisan. Sementara di Superindo masih aman,” katanya.

Untuk diketahui, kebijakan satu harga ini diberlakukan karena pemerintah memberi subsidi atas harga keekonomian dari produsen dan harga di pasaran. Anggaran untuk subsidi yang disiapkan pemerintah mencapai Rp7,6 triliun yang bersumber dari dana pungutan ekspor sawit kelolaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

‘’Harga Rp 14.000 per liter bisa mulai dinikmati konsumen yang berbelanja di ritel modern anggota APRINDO. Adapun kebijakan satu harga di pasar tradisional, kata pemerintah pusat akan diterapkan bertahap,’’ terangnya.

 

Doddy Ardjono