blank
Panitia Kejurcab Pagar Nusa foto bersama Walikota Semarang Hendrar Prihadi usai audiensi. Foto : Dok Istw
SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk menyiapkan atlet-atlet profesional di cabang pencak silat, Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PC PSNU) Pagar Nusa Kota Semarang menggelar Kejuaraan Pencak Silat (Kejurcab), dimeriahkan pula dengan Lomba Foto untuk umum dengan obyek event Kejurcab.
Kejurcab pertama ini, rencananya akan diikuti oleh 200 atlet mulai usia dini hingga dewasa dan akan dilaksanakan di Kompleks Balaikota Semarang pada Sabtu hingga Ahad, (22-23/1/2022) mendatang.
Kesiapan tersebut dipastikan setelah Panitia Kejurcab Pagar Nusa bertemu Walikota yang diwakili Sekretaris Daerah di kantor Setda Kota Semarang, Selasa, (18/1/2022).
Dan telah mendapat rekomendasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora), Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonésia Kota Semarang (IPSI), serta bantuan fasilitasi Pemkot Semarang.
“Kami siap menggelar Kejurcab Pencak Silat di Kota Semarang. Plus lomba foto ala instagram untuk umum. Kami siapkan atlet silat profesional Kota Semarang. Ayo ikuti lomba fotonya. Bebas dan gratis untuk umum” ujar Lukman Muhajir Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kota Semarang, usai audiensi dengan Setda Kota Semarang, Selasa, (18/1/2022).
Lukman dan rombongan didampingi anggota DPRD Kota Semarang H Sodri yang juga pembina Pagar Nusa Kota Semarang.
Pada kesempatan itu, Sodri mengajak Pemkot Semarang untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan tersebut.
“Pemerintah perlu mendukung Kejurcab ini. Hasilnya tidak sekedar mengharumkan nama Kota Semarang. Pagar Nusa itu milik NU, tidak ada ceritanya orang NU membawa kerusakan. Apalagi jadi teroris atau memberontak. Maka sesungguhnya mendukung Pagar Nusa adalah mendukung ketentraman kota dan negara kita,” tandas Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Semarang.
Setda Kota Semarang H Izwar Aminudin, mewakili Walikota Semarang menyatakan sepakat  dengan Sodri. Dia katakan, apa yang disampaikan Sodri sesuai kenyataan.
“Betul sekali ngendikane Pak Sodri. Saya sepakat banget. Negara kita, kota kita, jelas butuh ketentraman. Dari tentram itulah pembangunan berjalan lancar. Investor bisa masuk dan iklim usaha tenang, berimbas pada kesejahteraan. Kami siap mendukung Kejurcab Pagar Nusa,” ucap Izwar didampingi kepala TU Sekda Isyari dan pejabat Dinpora Sigid Widiyanto.
Pindah Tempat
Sebelumnya, Kejurcab Pagar Nusa itu akan digelar di Balai Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Namun Setda Izwar meminta agar dipindah ke Gedung Balaikota agar lebih representatif dan instragramable.
“Tempatnya diganti ya. Di gedung Balaikota saja. Instragramable gitu loh. Wong event besar plus ada lomba foto kok di balai kelurahan,” ujarnya dengan gaya canda.
Dia lantas memerintahkan stafnya menyediakan fasilitas untuk keperluan Kejurcab Pagar Nusa tersebut.
Adapun Walikota Semarang Hendrar Prihadi ketika ditemui panitia, menyatakan siap hadir memberi sambutan dan membuka resmi Kejurcab Pagar Nusa.
“Saya siap hadir. Nanti saya yang membuka,” ujar Hendi seraya mengajak foto bersama pantia Kejurda Pagar Nusa dan dipastikan akan menyediakan piala.