blank
Relawan saat melakukan pembersihan batang pohon yang tumbang di kawasan makam keramat Rejenu. Foto:bpbd/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Hujan intensitas tinggi dan disertai angin kencang, Rabu (19/1) siang, membuat sebuah pohon besar di kawasan makam keramat Syekh Sadzali, Dukuh Rejenu, Desa Japan, Kecamatan Dawe, tumbang.

Batang pohon yang tumbang tersebut menimpa sebuah warung dan bangunan punden yang berada di kawasan makam keramat Syekh Sadzali.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus, Budi Waluyo mengatakan, pohon yang tumbang tersebut disebabkan kondisinya yang sudah rapuh dan tiupan angin kencang.

Batangnya yang cukup besar membuat bangunan yang ditimpanya hancur. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Kejadiannya sekitar pukul 03.00 WIB. Kondisi batang pohon sudah rapuh sehingga tumbang saat ada angin kencang,”ujar Budi.

Menurut Budi, sejumlah relawan BPBD dibantu warga, aparat kepolisian dan TNI sudah berusaha melakukan evakuasi batang pohon yang tumbang.

Pembersihan dilakukan karena kawasan makam Syekh Sadzali merupakan salah satu destinasi wisata religi serta salah satu pintu masuk jalur pendakian gunung Muria yang sering didatangi pengunjung.

“Kerugian atas kejadian ini ditaksir berkisar Rp 10 juta,”katanya.

Budi juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan menyusul cuaca ekstrem yang saat ini masih terus terjadi.

Upaya mitigasi bencana harus terus dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban jiwa dan meminimalisir kerugian harta benda.

Tm-Ab