blank
Bupati Jepara menyaksikan uji coba secara langsung pencetakan KTP baru oleh siswa yang masuk usia 17 tahun

JEPARA (SUARABARU.ID) – Untuk memudahkan masyarakat dalam pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri,  16 kecamatan di Jepara telah terpasang Mesin Anjungan Dukcapil  Mandiri (ADM).

Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di 16 kecamatan telah diluncurkan oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi, pada Rabu (19/1/2022), di Kecamatan Nalumsari. Kemudian dilanjutkan di seluruh kecamatan termasuk Karimunjawa.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, ADM ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan yang cepat mengenai administrasi kependudukan. “Cukup 2 menit saja, masyarakat sudah dapat memiliki dokumen kependukan yang diharapkan,” ujar Dian Kristiandi. Sebelumnya sudah terpasang 1 unit ADM di Mall Pelayanan Publik (MPP)

blank
Uji coba secara langsung pencetakan KTP baru oleh siswa yang masuk usia 17 tahun

Menurut Dian Kristiandi,  ADM ini untuk mempercepat proses percetakan dokumen administrasi kependudukan. Mereka tidak perlu repot lagi untuk antre lama untuk mendapatkan kartu kependudukan di Kantor Disdukcapil Jepara. Cukup mereka mendaftar secara online di https ://pelayanan.disdukcapil.jepara.go.id dengan menyertakan nomor hp (whatsapp) dan email aktif. Kemudian mencetak langsung di kecamatan masing-masing.

Andi berharap kepada para camat dan petinggi desa untuk ikut menyosialisasikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing “Sekarang tidak usah pakai calo-caloan, cukup daftar sendiri lewat online dan cetak di kecamatan,” kata Andi.

Mesin ADM ini bisa melayani penyetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, kartu kematian, juga Kartu Identias Anak (KIA).

Dalam peluncuran ADM, juga dilakukan uji coba secara langsung pencetakan KTP baru oleh siswa yang masuk usia 17 tahun yaitu Amanda Putri Tarwiyani warga Desa RT 5 RW Desa Gemiring Kidul, Kecamatan Nalusamri dan Nabil Nahwa Wahdah warga RT 2 RW 2 Desa Bendanpete Kecamatan Nalumsari. Keduanya mendapatkan KTP baru yang dicetak di ADM  yang langsung diserahkan bupati.

Hadepe – kmf