blank
Pengurus PWI Kebumen dan Sekdin Kominfo Wahib Tamam mengikuti Rapat Persiapan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Warung Makan Gendut Taman, Sabtu 15/1 siang.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2022 mendatang, Pengurus PWI Kebumen mengagendakan sejumlah kegiatan.

Di antaranya, ziarah makam wartawan, sarasehan jurnalistik dan Pers Goes to Campus, serta bakti sosial penyerahan santunan kepada anak yatim.

Hal itu terungkap dari Rapat Pengurus PWI yang dipimpin Ketua PWI Kebumen Supriyanto didampingi Sekretaris Farhan Marjuki di Warung Makan Gendut Taman Tamanwinangun, Sabtu (15/1).

Rapat pembentukan panitia dan membahas rencana kegiatan itu dihadiri Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kebumen Drs H Wahib Tamam MSi serta Penasihat  PWI Kebumen Komper Wardopo, Nanang W Hartono serta Bagus Sukmawan.

Menurut Ondo Supriyanto, rangkaian kegiatan HPN 2022 di Kebumen akan diawali ziarah ke makam para wartawan. Kemudian syukuran pada malam menyambut 9 Februari 2022.

Pada tahun ini syukuran akan diisi pula Shalawatan sekaligus doa bersama sehubungan semakin melandainya kasus Covid-19 menuju Kebumen bangkit.

Jurnalistik Masuk Kampus dan Sekolah

Pada HPN 2022 ini PWI Kebumen juga merencanakan kegiatan pendidikan jurnalistik dan memerangi hoaks ke kampus dan sekolah serta madrasah. Pada kegiatan ini PWI akan menyampaikan pemahaman etika jurnalistik dan pers yang profesional serta memerangi berita bohong atau hoaks.

Menurut Supriyanto, anak muda dan milenial perlu dibekali pengetahuan jurnalistik dan pers yang sehat. Sebab di era disrubsi semakin sulit membedakan karya jurnalistik profesional yang berimbang dan cover both side dengan informasi hoaks namun dikemas menyerupai karya jurnalistik.

Sementara itu Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen Wahib Tamam mengungkapkan, pihaknya mendukung kegiatan HPN. Bahkan dinas memfasilitasi kegiatan ziarah ke makam wartawan, malam syukuran dan honor narasumber sarasehan.

Pihaknya juga memberi alokasi PWI Kebumen untuk menyosialisasikan peringatan HPN 2022 kepada publik di Ratih TV lewat acara Selamat Sore Kebumen. Pada acara tersebut Pengurus PWI dan Kepala Dinas Kominfo menjadi narasumber.

Komper Wardopo