blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama didampingi Wakapolres Kompol Edi Wibowo dan Kasat Reskrim AKP Kadek Pande Afridya Wibisana saat berdialog dengan pers, Senin 10/1.(Foto:SB/Komper Wardopo).

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengapresiasi peran pers ikut andil mendukung situasi keamanan yang kondusif sejak penanganan pandemi Covid-19 hingga pengamanan malam tahun baru 2022.

Hal itu diungkapkan Kapolres AKBP Piter Yanottama didampingi Wakapolres Kompol Edi Wibowo dan Kasat Reskrim AKP Kadek Pande Apridya Wibisana, Senin (10/1), di Kopi Nostalgia Jalan Gereja Panjer, Kebumen.

Pada kesempatan tersebut Kasat Reskrim AKP Kadek Pande sekaligus memperkenalkan diri didampingi KBP, para kanit dan personel Sat Reskrim. Semuanya mengenakan  hem putih rapi dan  celana hitam. AKP Pande Kadek menjabat Kasat Reskrim Polres Kebumen terhitung sejak 11/11-2021.

Lebih Lanjut Kapolres mengajak jajaran pers dan wartawan di daerah untuk terus meningkatkan  sinergi, kolaborasi dan soliditas dengan Polres. Pihaknya mengakui, hubungan harmonis  telah terjalin. Baik melalui acara kegiatan kedinasan, jumpa pers hingga silaturahmi.

Bahkan pers di Kebumen selalu menginformasikan berbagai kegiatan penanganan selama pandemi, pelaksanaan vaksinasi, pemberian sembako dan bantuan sosial hingga upaya penyekatan jalan.

Bahkan menjelang tahun baru, sempat ada rencana penyekatan PPKM Level 3. Namunkebijakan itu  diubah dan disesuiakan dengan kondisi daerah.

Menurut Kapolres, kebijakan pengamanan malam tahun baru mencegah kerumunan pun telah sangat berhasil. Pengamanan oleh jajaran Polres bersama Kodim 0709, Satpol PP, Dishub dan intansi terkait selalu diinformasikan kepada masyarakat luas.

Bahkan masyarakat menerima banyak  informasi melalui media massa yang mengedukasi sehingga  memahami dan tidak melakukan kerumuman atau kegiatan pada malam tahun baru.

”Akhirnya pengamanan malam tahun baru berjalan kondusif, aman terkendali.  Tidak ada kejadian menonjol. Masyarakat mau memahami imbauan kami dan lebih banyak diam di rumah saat malam p tahun baru,”ujar AKBP Piter Yanottama.

Membangun Energi Positif Masyarakat

Kapolres menyatakan, semua upaya tersebut dalam upaya menjaga Kamtibmas. Sekaligus memotivasi masyarakat agar energi positif terus terbangun. Apalagi aktivitas masyarakat telah mulai bangkit dan memiliki kepercayaan diri setelah kasus positif Covid-19 landai. Bahkan angka kasus sempat  ninil.

Sedangkan Kasat Reskrim  AKP Kadek Pande menyatakan siap bermitra dengan media massa, baik dalam pengungkapan kasus maupun perkembangan penanganan kasus. Lebih dari itu, dirinya pun membuka diri untuk setiap saat dihubungi wartawan.

AKP Kadek Pande menyatakan, meski belum turun ke 26 wilayah Polsek,  situasi Kamtibmas di Kebumen yang kondusif perlu terus dipertahankan. Namun kejadian tindak kejahatan tentu masih  ada.

“Saya pernah bertugas Kanit Reskrim Polres Purworejo 4 tahun. Sebelum di Kebumen, sebagai Kasat Reskrim Magelang Kota. Karakteristik Kebumen tidak jauh dari Purworejo. Purworejo punya Kutoarjo, Kebumen punya Gombong,”ujar Kasat Reskrim.

Komper Wardopo