blank
BPBD Kabupaten Wonogiri bersama personel Polri, melakukan pemantauan disiplin Prokes di kawasan Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, mengharapkan, masyarakat jangan kendor untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Bambang mengatakan, dari hasil pantauan keramaian masyarakat dalam penyambutan Tahun Baru 2022, masih ditemukan sebagian ada yang abai memakai masker. ”Ada yang pakai tapi teknis pemakaiannya belum betul,” ujarnya.

Berkait itu, BPBD bersamaan dengan melakukan pemantauan, juga memberikan sosialisasi edukasi tentang Prokes pencegahan Covid-19 kepada masyarakat. Dalam pemantuan, BPBD mendapat bantuan personel kepolisian.

Lokasi yang dipantau sebagai sasaran penegakan disiplin (Gakplin) Prokes, meliputi kawasan Stadion Pringgodani Wonokarto, Taman Tugu Pusaka Selogiri, pusat keramaian warga di Lapangan Pule Selogiri.

Hasil pemantauan, tandas Bambang, secara umum warga sudah mematuhi Prokes. Tapi beberapa ada yang tidak memakai masker, dan yang memakai masker tapi teknis penggunaannya tidak sesuai peruntukkannya.

Semisal, pakai masker tapi hanya untuk menutup mulut atau janggut dan di bagian hidung tidak tertutupi masker. Pada keramaian publik, masih ditemukan warga yang mengabaikan jaga jarak untuk tidak berkerumun.

Berkait dengan temuan tersebut, kepada warga diberikan peringatan dan imbauan serta mendapatkan sosialisasi tentang pentingnya mentaati Prokes.

Bambang Pur