blank
Pasangan Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Wonosobo M Albar. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Albar merasa bersyukur, sejak dilantik Jumat 26 Februari 2021 lalu hingga malam pergantian tahun baru, Jumat 31 Desember 2021 tadi malam, usia kepemimpinan keduanya di Wonosobo sudah berjalan 306 hari.

“Alhamdulillah wa syukurillah saya dan Gus Albar telah memimpin Wonosobo selama 306 hari. Sepanjang masa itu, tentu banyak dinamika dan pasang-surut. Dengan dukungan penuh semua pihak di birokrasi dan seluruh elemen masyarakat, perjalanan hampir satu tahun itu telah dilalui dengan baik,” akunya.

Pengakuan tersebut disampaikan pasangan Afif-Albar dalam acara “Refleksi 306 Hari Afif-Albar Memimpin Wonosobo” yang dirangkai dengan kegiatan penyambutan pergantian tahun baru 2022 yang dihelat di Pendopo Bupati setempat, semalam.

Afif menambahkan, tepat kiranya jika pada kesempatan yang baik ini, pihaknya mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas kontribusi, karya yang tulus dan luar biasa serta doa dalam rangka turut membangun daerah Wonosobo ke depan lebih maju.

“Kami menyadari dalam melaksanakan tugas kepemimpinan dan pelayanan terhadap masyarakat, pun sebagai manusia tidak luput dari kekhilafan dan kekurangan. Masih banyak yang belum dapat dilakukan,” ujar pria yang pernah dua periode menjabat Ketua DPRD Wonosobo itu.

Sebab, lanjut dia, tahun pertama lebih banyak dimanfaatkan untuk konsolidasi internal di birokrasi pemerintahan. Baru tahun berikutnya akan mulai dilakukan eksekusi terhadap kebijakan penting terkait aspirasi yang berkembang di masyarakat.

“Banyak sekali agenda yang harus dilakukan mulai tahun 2022 ini. Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan, realisasi gedung sport center dan penempatan pedagang di Pasar Induk Wonosobo. Itu merupakan kebijakan prioritas dan aspirasi dari masyarakat yang harus segera dieksekusi,” tegasnya.

Ajak Kerjasama

blank
Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo menyampaikan kesan dan pesan pada masyarakat secara virtual. Foto : SB/Muharno Zarka

Pihaknya mengajak kepada segenap elemen pemerintahan (baik eksekutif, legislatif dan yudikatif), TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat, untuk meningkatkan kerjasama yang solid. Saling sinergi dan berkolaborasi. Sehingga kegiatan pemerintahan dan pembangunan ke depan akan berjalan lebih baik lagi.

“Mari segenap elemen pemerintahan untuk bersama-sama merefleksi diri atas segala program yang telah terlaksana di tahun 2021. Lakukan evaluasi dan proyeksikan berbagai dinamika yang mungkin terjadi di waktu mendatang. Susun perencanaan yang baik untuk menghadapi semua itu,” tegas dia.

Wakil Bupati M Albar menambahkan, tantangan pembangunan di Wonosobo di masa depan bukan merupakan hal yang mudah. Karena banyak sekali pekerjaan rumah yang tak ringan untuk segera dibenahi. Terlebih sejak terjadi pandemi global Covid-19, APBD banyak tersedot untuk penanganan wabah virus corona.

“Namun Afif-Albar optimis, dengan kerja sama antara jajaran Pemkab Wonosobo dan seluruh lapisan masyarakat semua akan mampu mewujudkan Wonosobo yang berdaya saing, maju dan sejahtera,” ujar politisi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Wonosobo itu.

Afif-Albar memohon dukungan seluruh masyarakat Wonosobo dan doa restu dari para alim ulama. Mudah-mudahan apa yang diusahakan bersama demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Wonosobo dapat mencapai seperti tujuan yang diharapkan.

“Sekali lagi, saya mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama berdo’a. Memohon dengan ketulusan hati kepada Allah SWT, agar Wonosobo dijauhkan dari segala cobaan dan rintangan. Masyarakat sehat lahir-batin dan segera terbebas dari pandemi global Covid-19,” pintanya.

Juga, tambah Gus Albar, agar dimudahkan segala urusannya, terutama dalam pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Wonosobo tetap aman, guyup rukun dan damai. Sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitas perekonomian dengan baik, aman dan lancar.

Muharno Zarka