aksinasi anak -anak 6-11 tahun
Untuk mengurangi kebosanan anak-anak menunggu observasi kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI), pihak RST dr Soedjono Magelang memberikan hiburan berupa film kartun Upin-Ipin. Foto: Yon

MAGELANG,(SUARA BARU.ID): Untuk mengurangi kejenuhan anak-anak usai 6-11 tahun,   usai divaksin dan menunggu  di ruang observasi, Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soedjono Magelan memberikan hiburan  film kartun Upin dan Ipin. Selain itu, anak-anak yang sebagian besar merupakan siswa sekolah dasar (SD) tersebut juga diberi minuman susu.

“Untuk mengurangi kejenuhan, kami memberikan hiburan bagi anak-anak yang usai divaksin dengan film kartun  Upin-Ipin. Karena, harus menunggu  30 menit  di ruang observasi tersebut,” kata Kepala Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soedjono Magelang, Kolonel (Ckm) dr Deddy Firmansyah, di sela-sela vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun, Kamis ( 30/12).

Deddy Firmansyah mengatakan, masa observasi kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI)  bagi anak-anak  tersebut berbeda dengan pemantauan KIPI bagi orang dewasa. Bagi orang dewasa, pemantauannya hanya 15 menit. Sedangkan, bagi anak-anak selama 30 menit.

Menurutnya, dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut RST dr Soedjono Magelang menerjunkan sebanyak 60 tenaga medis dan vaksinator.

“Sedangkan dari RST dr Soedjono secara stimultan menerjunkan tiga tim setiap harinya untuk melakukan vaksinasi, termasuk yang melakukan vaksinasi secara door to door,”katanya.

Deddy Firmansyah menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua anak-anak tersebut nantinya, tidak  harus di RST dr Soedjono. Melainkan, bisa dilaksanakan di masing-masing fasilitas kesehatan terdekat lainnya, karena data anak-anak yang telah divaksin tersebut, datanya telah tercatat secara daring.

“Tempat vaksinasi tahap kedua tidak masalah dimana saja,  yang terpenting tangal pelaksanaan vaksinasi tahap kedua itu kapan dan jenis vaksinnya harus sama,”katanya

Sementara itu, Komandan Kodim 0705/ Magelang Letkol (Arm)  Rochmadi  mengatakan, vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11tahun tersebut, merupakan kerjasama antara Kodim 0705/Magelang  dengan Rumah Sakit Tentara ( RST) dr Soedjono Magelang. Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang

Rochmadi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun  tersebut dan dilaksanakan di RST dr Soedjono Magelang selama dua hari berturut-turut, yakni Kamis –Jumat (30-31/12).

“Selama dua hari pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun ini, kami menargetkan sebanyak 1.000 anak,”katanya.

Adapun anak-anak usia 6-11 tahun   yang divaksin tersebut  merupakan siswa dari SD Gelangan 1, Gelangan 2, Gelangan 3, Gelangan 4, Gelangan 5 dan SD Gelangan 6.Sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi pada Jumat ( 31/12) dijadwalkan untuk siswa SD Potrobangsan 1, Potrobangsan 2, Potrobangsan 3 dan SD Potrobangsan 4.

Menurutnya, Kota Magelang sudah bisa melakukan vaksinasi bagi anak-anak karena capaian vaksinasi  sudah  mencapai 90 persen lebih.

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi anak-anak tersebut dilaksanakan di masa libur sekolah, dan  untuk mempermudah, pihaknya bekerjasama dengan RST dr Soedjono dan tempatnya di rumah sakit tersebut.

“Setelah tahun baru pihaknya juga akan meneruskan pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu orang tua anak-anak, Zulaikah ( 42) warga Kampung Ngentak Kwayuhan, Kelurahan Gelangan, Kota Magelang mengaku senang dengan adanya vaksinasi covid-19 bagi anak-anak.

Selain itu,vaksinasi tersebut sangat membantu kesehatan anak-anaknya. Karena, selama ini  vaksinasi baru diperuntukan bagi orang dewasa.

“Alhamdulillah dari sekolahan mengadakan vaksinasi di RST ini. Jadi kami sangat terbantu sekali,” ujarnya. Yon