blank
Rektor Unika Dr Ferdinand, saat memberikan keterangan pers kepada awak media, bersama Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Y Trihoni Nalesti Dewi SH MHum. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Salah satu tujuan dari adanya sebuah penelitian ilmiah yakni, bisa berguna atau bermanfaat bagi masyarakat. Berdasarkan data Global Inovation Index tahun 2019, Indonesia memiliki skor 29,24, dan ada di urutan 85 dunia terkait penelitian. Sedangkan posisi di ASEAN, Indonesia masih jauh dibawah.

Hal itu seperti yang disampaikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, saat dirinya membuka acara Festival Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (FPPM), yang digelar Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, di Hotel Santika Preimier, Semarang, Selasa (28/12/2021).

Dia menyebutkan, Kota Semarang bakal cepat berkembang jika mengedepankan prinsip riset dan penelitian. Hendi pun kemudian mengajak para dosen Unika, untuk aktif melakukan penelitian di Semarang. Sebab menurutnya, di kota pesisir ini banyak hal yang bisa diteliti.

BACA JUGA: Bank Jateng Syariah Sukoharjo Menempati Gedung Baru

”Kalau mau melakukan penelitian, lakukan di Kota Semarang dulu sebelum ke wilayah lain. Kalau hasilnya bagus, bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama demi kemajuan Kota Semarang,” pinta Hendi.

Ditambahkan dia, Kota Semarang bisa dijadikan sebagai laboratorium penelitian. Karena letak kampusnya ada di kota ini, Hendi berharap, hasil penelitian yang dilakukan Unika bisa memberikan manfaat bagi warga Semarang.

Sementara itu, Rektor Unika Soegijapranata, Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi mengatakan, sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi, pihaknya bertanggungjawab untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan menyebarluaskannya, demi semakin baiknya kehidupan manusia.

BACA JUGA: Presiden Jokowi dan Ganjar Yakin Indonesia Juara Piala AFF 2020

Menurut dia, hal itu memang seringkali dianggap klise, tapi sesungguhnya maknanya dalam. Ferdinand menilai, bila universitas tidak bisa mengembangkan ilmu dianggap sudah mati.

”Karena universitas tidak hanya bicara jumlah mahasiswanya berapa, duitnya berapa, tetapi pengembangan ilmu juga menjadi tugas utamanya. Ilmu tidak cukup hanya dikembangkan saja, tapi harus disebarluaskan dan bermanfaatkan untuk masyarakat,” tukasnya.

Riyan