Pengabdian kepada Masyarakat oleh dosen FT elektro menyerahkan Alat Sistem Monitoring Kumbung Jamur kepada petani jamur tiram di daerah Banyumanik Semarang. Foto: USM

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dosen Fakultas Teknik Elektro Universitas Semarang menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan menyerahkan menyerahkan Alat Sistem Monitoring Kumbung Jamur kepada petani jamur tiram di daerah Banyumanik Semarang.

Kegiatan ini diprakarsai oleh dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Univeritas Semarang yaitu Sri Heranurweni, Budiani Destyningtias dan Taufiq Dwi Cahyo dengan melibatkan dua mahasiswa Teknik Elektro.

Kegiatan pengabdian ini berupa pemberian alat untuk memonitor perkembangan kumbung jamur tiram serta bimbingan tekniknya kepada mitra yaitu ibu Dian petani jamur tiram “Kebun Jamur” di daerah Banyumanik Semarang, dengan harapan dapat meningkatkan produksi jamur tiram dan meningkatkan kesejahteraan mitra.

Sri Heranurweni sebagai ketua pelaksana pengabdian menyampaikan bahwa mitra untuk saat ini membudidayakan jamur tiram di lahan kebun yang berada di dekat sungai. Karena lahan yang terbatas dan budi daya jamur tiram ini juga membutuhkan kelembaban yang tinggi dan suhu yang rendah.

“Permasalahan dari mitra adalah membutuhkan teknologi  untuk memonitor kondisi suhu dan kelembapan lahan budi daya jamur, bimbingan dan pendampingan teknis peralatan monitoring. Bantuan yang dibutuhkan mitra adalah peralatan yang dapat memonitor suhu dan kelembaban secara otomatis, karena lahan untuk kumbung jamur yang jauh dari pemukiman” ungkap Sri Heranurweni.

Kegiatan PKM ini disambut baik oleh mitra, karena dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan hasil produksi jamur, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi pada petani jamur, dan masyarakat sekitar juga termotivasi untuk mengikuti jejak membuat budi daya jamur tiram ini. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan, meliputi mulai persiapan sampai pelaksanaan  kegiatan.

USM