blank
TRANSAKSI - Pedagang telur di Pasar Pagi Kota Tegal saat transaksi dengan pembeli. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Menjelang pergantian tahun, sejumlah harga kebutuhan pokok di Kota Tegal mengalami kenaikan. Data dari Dinas Koperasi UKM (Usaha Kecil Menengah) dan Perdagangan Kota Tegal menyebutkan untuk harga kebutuhan pokok yang menonjol menjelang tahun baru adalah telur ayam ras.

Diskop UKM dan Perdagangan Kota Tegal menyebutkan harga telur ras terhitung Selasa (28/12/2021) rata-rata sebesar Rp 33.167 per kilo gram. Sedangkan telur ayam kampung sebesar Rp 52.333. Lima hari sebelumnya harga telur ayam ras Rp 29.833 dan telur ayam kampung Rp 52.000.

Di tingkat distributor terhitung Selasa (28/12/0212) harga telur ayam ras sebesar Rp 31.000 per kilo gram. Harga tersebut lebih murah pada satu hari sebelumnya yakni Rp 31.500 per kilo gramnya.

Distributor telur ayam buras Josh (49) mengatakan, harga telur di tingkat distributor hari ini Rp 31.000 per kilo gramnya, turun Rp 500 dari harga hari kemarin.

Josh mengatakan, selama 30 tahun menjadi distributor telur ayam ras di Pasar Pagi Kota Tegal kenaikan begitu tinggi baru dialami saat ini. Kenaikan harga bahan pokok terutama telur ras menurut Josh dampak dari adanya bantuan non tunai dari pemerintah yakni Program Keluarga Harapan (PKH) sembakau yang didalamnya ada beras, telur dan minyak.

“Kenaikan mungkin stoknya tidak ada. Karena ada PHK itu sangat pengaruh sekali stok telur di pasaran,” ungkap Josh.

Pedagang kios Nurjanah (45) yang menempati kios Blok B Pasar Pagi Kota Tegal mengaku hari ini Selasa (28/12/2021) menjual telur ayam ras Rp 32.000 per kilo gram.

Senada dengan Josh, kenaikan harga telur ayam ras dipicu adanya ada bantuan non tunai PKH. “Sebelumnya empat hari yang lalu harga telur mencapai Rp 34.000 per kilo gramnya,” kata Nurjanah.

Terpisah Kepala Pasar Blok B dan C Pasar Pagi Kota Tegal, H Maskuri mengatakan harga kebutuhan pokok menjelang pergantian tahun yang mencolok di antaranya telur ayam ras.

H Maskuri menyebutkan harga telur ayam ras per hari ini seperti yang disampaikan oleh distributor Josh yakni Rp 31.000 per kilo gram. “Meski harga telur naik tapi pasokan sampai saat ini masih aman,” ungkapnya.

Nino Moebi