blank
Jajaran Pengurus Yayasan Alumni Undip (badan pengelola USM), dan Rektor USM Dr Supari ST MT, memberikan penghargaan pada tim PS USM, yang menjuarai Liga 1 Askot PSSI Kota Semarang. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Prestasi gemilang PS Universitas Semarang (USM) menjuarai Divisi 1 Askot PSSI Kota Semarang 2021, mendapatkan apresiasi dari Yayasan Alumni Undip (badan pengelola USM), dan Rektor USM Dr Supari ST MT.

Atas prestasinya itu, para pemain dan pelatih PS USM kemudian dijamu dalam acara syukuran di Resto Arah Awan, kompleks Kampus USM, Jumat (24/12/2021).

Seperti diketahui, pada pertandingan terakhirnya dalam Divisi 1 Askot PSSI Kota Semarang 2021, yang diikuti 10 klub, PS USM menundukkan PS Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan skor tipis 1-0, pada laga yang dimainkan di Stadion Citarum, Semarang, Kamis (23/12/2021). Gol tunggal kemenangan USM dicetak Sigit Pamugar.

BACA JUGA: Kapolres dan Forkopimda Demak Patroli Memantau Penyelenggaraan Ibadah Natal di Gereja

Gelar PS USM itu semakin lengkap, setelah Franciscus Valentino dinobatkan sebagai top skor dengan sembilan gol. PS USM juga tampil sebagai tim paling produktif dengan torehan 35 gol, dan mengakhiri kompetisi dengan koleksi 24 poin, dari delapan kali menang dan sekali kalah.

Dalam acara syukuran itu, USM memberikan tali asih kepada dua pemain, yakni penentu gol kemenangan Sigit Pamugar dan top skor Fransiscus Valentino, masing-masing Rp 1 juta. Sedangkan tim pelatih dan tim juara, masing-masing Rp 2,5 juta.

Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir Soeharsojo IPU, mengaku bangga atas pencapaian prestasi yang ditorehkan PS USM di Divisi 1 Askot PSSI Kota Semarang ini.

BACA JUGA: Tekad Jadi Petarung Komplet

Dalam acara itu, Soeharsojo mengundang kapten kesebelasan Riyan Dwi P, untuk tampil di depan. Dia kemudian memegang pundak sang kapten.

”Dia ini (Riyan) mengingatkan saya pada Iswadi Idris (alm Iswadi Idris, legenda sepakbola Nasional). Badan kamu gempal seperti dia. Dulu saya sempat satu lapangan dengan Iswadi, saat sama-sama menjadi duta pelajar di Papua. Bedanya, saya tak melanjutkan, karena kaki ini sempat sakit kalau nendang bola. Sedang karier Iswadi terus melesat jauh,” kenang Soeharsojo.

Sebagai alumni Undip, Soeharsojo juga menyampaikan rasa haru, karena bisa melihat PS USM mampu menjadi juara Divisi 1. Sedangkan PS Undip menjadi juara Divisi 2 Askot PSSI Kota Semarang.

BACA JUGA: Xavi Cinta karena Alasan Ini

”Saya terharu melihat kalian bisa ‘mengalahkan orang tuanya’ sendiri, yaitu PS Undip pada level kompetisi,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor USM Supari, juga memuji penampilan impresif timnya di panggung Divisi 1 Askot PSSI Kota Semarang. Dia berharap, kampus ini terus mencetak generasi sepakbola, yang tidak hanya mengharumkan USM namun juga Nasional.

Dia mencontohkan Alfeandra Dewangga, mahasiswa S1 Fakultas Hukum USM, yang saat ini memperkuat Timnas di Piala AFF 2020.

BACA JUGA: Ultimatum Pembalap yang Melempem

”Saya ucapkan selamat, terima kasih turut mengharumkan nama USM dan semoga ke depan prestasi tim ini lebih mengkilap,” harap dia.

Acara syukuran makin lengkap, dengan kehadiran Bendahara IKA USM Kairul Anwar, yang juga anggota Komdis PSSI dan Ketua Komding Asprov PSSI Jateng, serta Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS.

Menurut Kairul, sudah saatnya PS USM menjajal orbit kompetisi yang lebih tinggi, yaitu Liga 3 Tingkat Jateng. Dia optimistis, klub ini mampu berbicara andai terus diasah secara telaten dan berkesinambungan.

BACA JUGA: Usung Energi Baru Terbarukan, Unisnu Manfaatkan Matahari dan Angin Sebagai Pengganti Listrik

Sedangkan pelatih PS USM, M Dhofir mengaku merasa tertantang dengan harapan para pembina. Dia pun bertekad membawa PS USM ke pentas yang lebih bergengsi dan bereputasi.

”Saya melihat, semangat tempur di lapangan memang sangat tinggi. Team work sudah oke. Tinggal porsi latihan mungkin lebih ditingkatkan lagi, andai disiapkan ke kompetisi yang lebih tinggi,” ujar mantan juru ramu PSIS (Semarang) ini.

PS USM dalam kiprahnya di Divisi 1 Askot PSSI Kota Semarang tergolong membanggakan. Sekitar tahun 2018 pernah menjuarai Divisi 2 lalu promosi ke Divisi 1. Selama mengarungi Divisi 1 tahun 2019, meraih prestasi ganda yaitu juara Liga dan Copa.

Riyan