blank
Alfeandra Dewangga (merah), melakukan pelanggaran pada pemain Singapura, yang berakibat hukuman tendangan bebas langsung dan akhirnya berbuah gol. Foto: dok/tangkapan layar

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Usai berlaga selama 120 menit, Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke babak final Piala AFF 2020, setelah menang 4-2 atas Singapura.

Pada pertandingan leg II babak semi-final yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/2021), diwarnai tiga kartu merah, tendangan penalti gagal, hingga gol bunuh diri. Semuanya itu dilakukan oleh pemain tuan rumah.

Empat gol kemenangan Tim Merah Putih masing-masing dihasilkan Ezra Walian menit 12, Pratama Arhan (87), Shahdan Sulaimen (bunuh diri/92) dan Egy Maulana Vikri (106).

BACA JUGA: Wali Kota Tegal bersama Forkopimda Monitoring Malam Natal

Sedangkan dua gol Singapura pada pertandingan yang dimpin wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Hatimi itu, dicetak Song Ui-young menit 45 dan Shahdan Sulaimen (74).

Dengan hasil ini, menempatkan tim asuhan Shin Tae-yong ke babak final, menunggu hasil pertandingan leg II antara Thailand kontra Vietnam, yang berlangsung Minggu (26/12/2021) di tempat yang sama. Pada laga leg I, Tim Gajah Putih unggul 2-0. Di turnamen ini, aturan gol tandang tidak digunakan.

Dari waktu normal plus tambahan waktu 2×15 menit, salah satu pemain yang menjadi pusat perhatian adalah, Nadeo Argawinata. Usai gagal menghadang tendangan bebas Shahdan Sulaimen menit 74 yang akhirnya berbuah gol 2-1 untuk keunggulan Singapura, Nadeo menjadi penyelamat Indonesia, setelah mampu menepis sepakan penalti lawan.

BACA JUGA: Karang Taruna Kota Tegal Menggeliat Kembali

Seandainya penalti itu berbuah gol, maka kemungkinan besar Indonesia bakal tersingkir, karena akan tertinggal 2-3 di menit akhir babak kedua. Namun untungnya, Nadeo mampu membaca arah bola yang melaju ke arah kiri bawah sudut gawangnya.

Di babak perpanjangan waktu, melawan delapan pemain Singapura, Evan Dimas dkk tampil lebih enjoy. Hasilnya dua gol tambahan mampu mengubah papan skor akhir menjadi 4-2 untuk Tim Garuda Indonesia.

Sesuai jadwal yang sudah disepakati, babak final Piala AFF 2020 juga akan digelar dalam dua leg. Leg I dijadwalkan digelar Rabu (29/12/2021) dan leg II Sabtu (1/1/2022), di Stadion Nasional Singapura.

Riyan