blank
Apel Siaga Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di lingkungan PLTU Tanjung Jati B

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebagai Pengelola Pembangkit Listrik yang menyumbang energi listrik sebesar ± 11% kebutuhan tenaga listrik di Sistem Jawa-Bali, kita harus memastikan bahwa sistem kelistrikan dapat berlangsung aman, andal dan lancar, tanpa ada kendala berarti terutama dalam periode perayaan natal 2021 dan tahun baru 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Rachmat Azwin pada  Apel Siaga Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di lingkungan PLTU Tanjung Jati B pada 22/12/2021. Apel digelar dalam rangka menjaga keamanan produksi energi listrik menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Apel siaga diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari seluruh jajaran manajemen atas dan menegah PLN UIK TJB, bidang K3L, serta aparat TNI & POLRI yang berdinas jaga di PLTU Tanjung Jati B dan Satuan Pengamanan (SATPAM)/Security internal di PLTU Tanjung Jati B

blank
General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Rachmat Azwin saat memimpin Apel Siaga Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di lingkungan PLTU Tanjung Jati B

Lebih jauh Rachmat Azwin menegaskan, untuk kesiapan pembangkit, agar dipastikan semua peralatan beroperasi normal dan aman serta dalam kondisi yang baik, ketersediaan material kritikal agar dipersiapkan dengan baik serta pasokan batubara agar dipastikan aman.

Rachmat Azwin juga menjelaskan,  PLTU Tanjung Jati B merupakan salah satu Objek Vital Nasional (OBVITNAS). “ Karena itu   perlu dipastikan dari sektor pengamanan terutama akses-akses yang kritikal agar dilakukan pengamanan yang ketat dan efektif agar terhindar dari gangguan-gangguan baik dari internal maupun eksternal’ ungkap Rachmat Azwin.

Rachmat Azwin menambahkan, langkah-langkah pengamanan Nataru yang disiapkan PLN UIK TJB diantaranya dilaksanakan piket siaga operasional dan pemeliharaan yang selalu standby untuk menjamin pasokan listrik tetap handal dan prima.

Kemudian dari sisi pemeliharaan juga telah dipastikan ketersediaan sparepart dan stock batubara aman untuk 19 hari ke depan, dan dari sisi operasional juga melakukan operator check tiap jam.

blank

Sedangkan dari sisi enjinering dilakukan langkah siaga berupa intensive jadwal predictive maintenance, monitor peralatan kritikal melalui thermal infrared camera serta patrol check intake water untuk mencegah gangguan biota laut”, tambah Rachmat Azwin.

Setelah apel siaga Nataru selesai, selanjutnya dilakukan walkdown atau inspeksi lapangan/patroli keliling bersama di lingkungan PLTU Tanjung Jati B yang diikuti oleh jajaran Manajemen PLN UIK TJB beserta Aset Operator dan Aset Owners PLTU Tanjung Jati B, untuk memeriksa dan memastikan bahwa berbagai upaya dalam mengamankan produksi listrik selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 telah siap sedia.

Hadepe