blank
Pelajar SMA Negeri 1 Salaman mengikuti pelatihan jurnalistik, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Workshop jurnalistik digelar di SMA Negeri 1 Salaman, Kabupaten Magelang, hari ini. Sejak pagi diawali dengan laporan pertanggungjawaban pengurus lama Majalah Prisma, dilanjutkan pemilihan pimpinan redaksi Prisma, pembentukan pengurus, dan menyusun program kerja.

Acara yang dipandu panitia dari siswa kelas XII itu diikuti pengurus baru dan penulis majalah milik SMA tersebut. Peserta workshop adalah siswa kelas X dan XI. Mereka terlihat serius mengikuti workshop yang berlangsung beberapa jam itu.

Wartawan SUARABARU.ID, Eko Priyono, dipercaya sebagai pemateri workshop jurnalistik. Dia memperkenalkan tentang tata cara membuat berita yang baik dan sekilas tentang dunia jurnalistik.

Salah satu peserta, Fadila, menilai profesi wartawan tergolong pekerjaan yang sulit. Wartawan banyak teman dan musuh, karena tugasnya menyebarkan berita.

“Bagaimana caranya agar wartawan berani menulis berita secara rutin,” tanya Fadila.

Sementara itu ketika peserta diminta membuat berita, salah satu siswa, Rajwa Izdihar Putri, menulis tentang kegiatan yang dilangsungkan hari ini. Dituliskan, Jurnalistik Prisma merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut. Berupa kegiatan mencari data dan melaporkan peristiwa.

Organisasi itu dibentuk dengan tujuan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh warga sekolah. Juga untuk menambah pengetahuan warga SMA Negeri 1 Salaman dengan cara membuat artikel yang dimuat di Majalah Prisma. Setelah dibuka pendaftaran anggota, hari ini dilakukan musyawarah anggota baru dan workshop jurnalistik. Dengan dihadiri para pembina Prisma dan alumni pengurus Jurnalistik Prisma, tadi dilakukan penyusunan pengurus baru.

Ketua panitia kegiatan musyawarah anggota dan workshop dasar kejurnalistikan, Reyhan Daffa, menginformasikan, selaku pimpinan redaksi adalah khalimatus Sadiyah dengan wakil Indah  Permatasari. Sekretaris I dan II masing-masing Dian Trisnawati dan Alma Septiani. Bendahara I dan II adalah Wafiq Zulfa Ismahani dan
Rajwa Izdihar Putri.

Sementara itu sebagai koordinator Litbang adalah Dwi Nurwati Azizah, dengan anggota Clara Delta Eniova,
Mugitya Nurul, Maftukhah, Diah Ayu Nuraiah, Erin Arlini Fanisa.
Koordinator bidang usaha adalah Putri Isabela dengan anggota
Fatikha Ibnu Salma, Dinda Mey Zuvita, Putri Wilma, Meyla Yusri,
Dian Dwi Susanti.

Selain itu sebagai koordinator  bidang publikasi Dhenico Sigi Narendra Khafi Maftukah.
Koordinator bidang editing Anaya Vera Nur Rahma. Anggota bidang publikasi terdiri Dwi Nur Wati Azizah, Nariswati Rahma Aziza,
Fadhila Nur Khasanah, Hanifah K dan Siti Nur Faizah.

Eko Priyono