blank
Telkomsel The Next Dev Talent Scouting 2021, membuka peluang bagi Early Stage Startup dan Talenta Digital, untuk ciptakan dampak sosial positif di masyarakat. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, Andry P Santoso mengatakan, sebagai program pengembangan perusahaan rintisan tahap awal, yang konsisten dihadirkan sejak 2015, The Next Dev Talent Scouting hadir sebagai wadah bagi para pelaku yang ada di ekosistem startup, dan para talenta di bidang teknologi digital.

Menurut dia, hal ini untuk dapat meningkatkan kapabilitas, kompetensi dan potensi diri, sehingga dapat menciptakan dan mengembangkan inovasi berbasis digital, yang dapat menjadi solusi atas berbagai tantangan di setiap fase kehidupan masyarakat.

”Inisiatif ini juga mempertegas dukungan Telkomsel dalam mendorong akselerasi ekosistem digital Nasional. Selain itu, pengembangan sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi digital agar berdaya saing tinggi. Ini juga akan membuka peluang hadirnya lebih banyak smart digitalpreneur, sehingga Indonesia akan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri dengan potensi ekonomi digitalnya yang besar,” kata Andry dalam rilis resminya belum lama ini.

BACA JUGA: Apindo: Revisi UMP DKI Anies Langgar Regulasi Pengupahan

Diungkapkan dia, guna meneruskan komitmennya sebagai Digital Ecosystem Enabler, Telkomsel menghadirkan program The Next Dev Talent Scouting 2021, yang merupakan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR).

Program ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan tahap awal (early-stage startup) di Indonesia, melalui program rekruitmen inkubasi, untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi digital. Selain itu, membangun talenta digital yang terampil, cekatan, dan berwawasan dalam mengembangkan kewirausahan digitalnya.

The Next Dev Talent Scouting 2021, menghadirkan empat kategori yang telah didesain khusus berdasarkan SDGs. Seperti Economic Empowerment, Edtech for Change, Health Revolution, Tourism & Ecotourism, agar dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di 2030 mendatang.

BACA JUGA: Resmikan Hetero Space, Ganjar Berharap Akan Lahir ‘Startup’ Baru

Dalam mengkurasi perusahaan rintisan yang telah mendaftar, The Next Dev Talent Scouting 2021 telah menetapkan beberapa kriteria. Pertama, startup harus memiliki solusi yang memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat. Kedua, startup harus memiliki Minimum Viable Product (MVP) atau prototype. Lalu yang ketiga, pendiri startup harus memiliki komitmen dan kompetensi yang kuat sebagai tim (hipster, hacker, dan hustler).

Seluruh peserta startup yang telah lolos seleksi tahap awal, akan disaring dalam 40 besar sampai dengan Top 12 Startup, melalui sistem pitching, yang dinilai berdasarkan beberapa kriteria. Seperti Dampak Sosial, Produk, Model Bisnis, Traction, hingga Manajemen Tim mereka.

Tim startup akan melakukan pitching selama tiga menit di hadapan dewan juri, yang terdiri dari para ahli berpengalaman di bidang industri. Mulai dari Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata, Founder Sekolah.mu Najeela Shihab, Co-Founder & CEO Halodoc Jonathan Sudharta, hingga VP of Brand Marketing Tiket.com Maria Risa Puspitasari.

BACA JUGA: 940 Anak SD di Temanggung Jalani Vaksinasi Covid19

Pendaftaran The Next Dev Talent Scouting 2021 telah dibuka. Dimulai dengan Track Pitch untuk kategori Economic Empowerment, Kamis (16/12/2021), Edtech for Change, Kamis (23/12/2021), Health Revolution, Kamis (13/1/2022), Tourism & Ecotourism, Kamis (20/12/2022), dan akan diakhiri dengan Grand Final Pitch pada Kamis (27/12/2022).

Seluruh peserta yang terpilih dalam 12 startup terbaik, akan mendapatkan benefit dan program pengembangan startup berupa 5G, yakni Grant Money, Good Opportunities, Great Mentors, Gain Exposure, dan Golden Ticket to The Next Dev Academy 2021.

”Melalui program The Next Dev, Telkomsel akan terus bergerak maju untuk membuka berbagai peluang, dan memaksimalkan kontribusi sosial perusahaan melalui kapabilitas teknologi terdepan dan ekosistem digital terintegrasi yang dimiliki,” jelas Andry lagi.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan program The Next Dev, dapat diakses di website www.thenextdev.id. Dan perjalanan The Next Dev 2021, dapat diikuti di platform sosial media @thenextdev.

Riyan