blank
Sri Chunafah, S.Pd., Kepala SD Berprestasi Tahun 2021

JEPARA (SUARABARU.ID) – Terdorong keinginan kuat untuk membentuk generasi religius dan cinta lingkungan, maka Sri Chunafah, S.Pd, Kepala SD Negeri  4 Jambu, Kecamatan Mlonngo, Jepara mengembangkan program Telabi, akronim teladan dan pembiasaan. Pogram ini pula yang telah mengantarkan Sri Chunafah, S.Pd meraih penghargaan Kepala SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Jepara  Tahun 2021

Sebab pogram Telabi ini pula yang kemudian dituangan dalam artikel untuk memenuhi persyaratan pemilihan Kepala SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Jepara tahun 2021. “Karena itu artlikel yang kami sajikan pun, bercerita apa adanya mengenai program dan kegiatan yang kami lakukan berupa kebiasaan sehari-hari di sekolah,” ujarnya.

blank
Teamwork internal di SDN 4 Jambu yang solid salah satu kunci keberhasilan

Disamping itu untuk memenuhi persyaratan  Sri Chunafah juga  menyajikan materi lomba berupa portofolio kumpulan prestasi siswa, guru, kepala sekolah, hingga satuan pendidikan. Semua prestasi yang disajikan, menurut Sri Chunafah, mengalir wajar.

Dalam paparan materi lomba, keberhasilan Telabi ditunjukkan dengan data puluhan prestasi sekolah yang diraih selama 3 tahun terakhir. Prestasi yang disajikan merupakan hasil berbagai lomba terkait karakter religius dan cinta lingkungan

Menurut Sri Chunafah, Telabi sebenarnya adalah bentuk teladan dan pembiasaan dari kepala sekolah untuk para guru dan anak. Juga  teladan dan bimbingan    dari guru untuk anak didiknya dalam usaha mewujudkan sebagian dari visi sekolah,” jelas Chunafah.

blank
Sri Chunafah, S.Pd. saat menerima penghargaan yang diserahkan oleh Kepala Didikpora Kab Jepara, Agus Tri Harjono, SH,MM

Visi dimaksud adalah “Menjadikan sekolah dasar yang unggul dalam prestasi, terampil, berbudi pekerti luhur, berwawasan lingkungan, dan berbasis nasionalis dan religius.  Jadi teknik telabi adalah strategi sederhana membentuk generasi religius dan cinta lingkungan di SDN 4 Jambu,” tambahnya.

Ia mengaku, semula agak ragu saat ditunjuk oleh Koordinator Satkordikcam Mlonggo, Nuryadi, untuk mewakili Kecamatan Mlonggo dalam lomba ini. Namun teamwork internal di SDN 4 Jambu dan teman-teman di luar sekolah, sama-sama memberikan dukungan besar.

Juga Koordinator Satkordik Kecamatan Mlonggo, Nuryadi dan seluruh pengawas sekolah yang telah memberi kepercayaan kepadanya untuk maju ke lomba tersebut. “Dukungan juga datang dari suami dan anak-anak saya,” ujar Chunafah.

Karena itu ketika  pada acara malam resepsi peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021 ia menerima penghargaan, maka ia menganggap anugerah itu adalah untuk orang-orang yang selama ini telah mendukungnya, termasuk siswa dan orang tua siswa SDN 4 Jambu.

Hadepe – Ak