blank

CILACAP – Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Unissula mengadakan pelatihan dan konsolidasi Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazizmu) yang dilaksanakan di Kantor Lazismu Kabupaten Cilacap, (14/11). Hadir sebagai pemateri adalah Drs Osmad Muthaher MSi dan Team Fakultas Ekonomi (FE) Unissula Semarang.

Acara diselenggarakan atas kerjasama antara FE Unissula dengan Lazizmu Kabupaten Cilacap. Menurut Osmad Muthaher tujuan diadakannya pelatihan pengelolaan keuangan lembaga ZIS dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran pengelola dan pengurus Lazizmu untuk transparan dalam melaporkan keuangannya kepada para Muzkki.

“Penyelenggara lembaga zakat seharusnya wajib memahami penyusunan laporan keuangan. Hal ini di beberapa daerah masih sering terjadi ketimpangan dan kurangnya pemahaman tentang dasar-dasar penyusunan laporan keuangan lembaga zakat yang tidak menggunakan sistem pengelolaan keuangan dengan standar pelaporan keuangan yang berlaku yaitu PSAK Syariah 109”, ungkapnya.

Masih menurut Osmad Muthaher perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan untuk system pengelolaan keuangan dana zakat dan infak/sedekah agar dana tersebut bisa dipertanggungjawabkan secara Akuntabel dan Transparan. Oleh karenanya Tim FE Unissula dalam kesempatan tersebut memberikan pelatihan kepada pengelola Lazismu dan Eksekutuf Kantor Layanan yang tersebar diberbagai kecamatan di kabupaten Cilacap bagimana cara menyusun laporan keuangan ZIS sesuai dengan standar PSAK Syariah 109.