blank
Petugas Koramil Tegalrejo memberi pengamanan vaksinasi, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)– Dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Ibu, Tim Penggerak PKK Kecamatan Tegalrejo, didukung relawan, petugas Puskesmas, serta mendapatkan kawalan dan pendampingan dari unsur TNI-Polri, melakukan vaksinasi massal, di Pusat pendidikan (Pusdik) Pamong Desa yang berada di Desa Dlimas, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Rabu (15/12/2021).

Komandan Koramil 09/Tegalrejo Kapten Caj Budi Krismanto yang turut hadir dalam pelaksanan vaksinasi tersebut sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat Tegalrejo dalam keikutsertaannya mengikuti program vaksinasi.

Danramil berharap bagi masyarakat yang belum vaksin segera mengikuti,  karena kesempatan Program Vaksinasi Covid-19 terus digaungkan dan dilaksanakan oleh Pemerintah, TNI-Polri, maupun lembaga lain.

“Manfaatkan kesempatan yang baik ini sebagai ikhtiar kita membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok, sehingga ke depan warga masyarakat terbebas dari Covid-19,” kata Kapten Budi.

Upaya sosialisasi oleh petugas mengenai arti penting mengikuti vaksinasi terus menerus dilakukan melalui para Babinsa. Juga mengenai protokol kesehatan (Prokes), yakni memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, serta mengurangi mobilitas.

“Kami akan selalu siap menyosialisasikan, mengawal, serta membantu dalam menyukseskan program Vaksinasi Covid-19,” tegasnya.

Dalam kegiatan itu tercatat 1.972 warga yang mendapat vaksinasi. Sebanyak 492 orang mendapatkan dosis pertama dan 1.480 orang mendapatkan vaksinasi dosis kedua sebagai kelanjutan vaksinasi dosis pertama yang telah dilaksanakan satu bulan yang lalu di tempat yamg sama.

“Kita patut bersyukur walapun peserta vaksinasi hampir mencapai dua ribu orang, kegiatan dapat berjalan dengan tertib aman dan sesuai protokol kesehatan,” kata Danramil.

Di Desa Krinjing

Sementara itu Kodim 0705/Magelang dan Rumah Sakit Tentara dr Soejono Magelang juga terus berkontribusi dalam rangka mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap paparan Covid-19, lewat vaksinasi. Kali ini sebanyak 998 dosis vaksin jenis Sinovac diberikan kepada masyarakat Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Rabu (15/12/21).

Kepala Desa Krinjing, Sureni menuturkan bahwa vaksinasi itu merupakan tindak lanjut dari vaksinasi dosis pertama yang dilaksanakan satu bulan sebelumnya. “Kami berharap agar seluruh masyarakat dapat tervaksin, karena berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” katanya.

Sementara itu Komandan Koramil 15/Dukun Kapten Kav Winarto menyampaikan agar para Babinsa tetap terus memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat desa binaannya untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes).

“Di setiap aktivitas agar tetap mematuhi Prokes, yakni memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, serta mengurangi mobilitas. Hal ini karena ancaman covid-19 masih belum hilang dari lingkungan kita,” imbuhnya.

Salah seorang penerima vaksin, Giyanto (37), warga Dusun Trayem, Desa Krinjing, mengucapkan terima kasih kepada TNI, khususnya Koramil, Kodim Magelang dan RST yang sudah memberikan vaksin kepada masyarakat.

“Harapan kami dengan vaksin ini pandemi cepat berlalu sehingga kehidupan kembali normal seperti sediakala. Kami sudah sangat merasakan dampak dari pandemi covid-19, sehingga apa pun usaha pemerintah yang terkait pencegahan penularaan wabah itu kami dukung,” ungkap Giyanto.

Eko Priyono-Mul