blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis (tengah) didampingi Wakil Wali Kota M Mansyur (kanan) dan Sekda Joko Budiyono (kiri) foto bersama pimpinan instansi pelayanan publik yang menerima penghargaan dibidang inovasi, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Magelang memberikan apresiasi tinggi kepada penyelenggara pelayanan publik yang telah menciptakan terobosan-terobosan guna meningkatkan pelayanan masyarakat.

Instansi pelayanan publik itu adalah Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) dengan judul inovasi Magelang Smart City, ‘One Touch Portal dan Indi Go’ (Pantau Inflasi Melalui DataGo).

Kemudian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dengan inovasi ‘KLIK’ (Klinik Laporan Kegiatan Penanaman Modal), dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan inovasi ‘Si Bulan’ (Aksi Ibu Pulang Bawa Akta Kelahiran).

Selanjutnya, UPT Pusat Kesehatan Hewan Kota Magelang sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi Bidang Pertanian.

Apresiasi berupa piagam diserahkan langsung kepada perwakilan penyelenggara pelayanan publik oleh Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, di Ruang Sidang Lantai 2 Kantor Setda Kota Magelang, kemarin.

Turut hadir dalam acara itu, Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur, Sekda  Joko Budiyono dan seluruh OPD.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Magelang, Taufiq Nurbakin melaporkan,  para penyelenggara pelayanan publik tersebut layak menerima piagam karena, telah menggagas inovasi yang mampu mengukir prestasi hingga tingkat nasional.

Bahkan, mendapat penghargaan dalam penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB.

Pada kompetisi itu, Kota Magelang mengirimkan 4 proposal dan telah lolos seleksi administrasi, yakni Magelang Smart City: One Touch Portal, Indi Go, KLIK dan Si Bulan.

‘’Si Bulan meraih Top 15 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik KIPP 2021,’’ ujarnya.

Sebelumnya, pada KIPP tahun 2018, Uji KIR On-Line dari Dinas Perhubungan Kota Magelang berhasil meraih Top 99 Pelayanan Publik.

Kemudian tahun 2019, Indi GO Diskominsta memperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan ditunjuk Kementerian PAN-RB sebagai narasumber dan best practice serta menjadi inovasi yang akan direplikasi oleh Pemkab Kendal, Karanganyar dan Tegal.

KIPP tahun 2020, Inobel I-Sistem/STEAM SMP Negeri 1 mampu masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.

Kemudian, dalam pelaksanaan penilaian Abdibaktitani, UPT Pusat Kesehatan Hewan mendapatkan Predikat Berprestasi Utama dan meraih penghargaan berupa Plakat Abdibaktitani 2021 dari Menteri Pertanian.

Wali Kota Muchamad Nur Aziz mendorong perangkat daerah untuk terus menumbuhkan semangat berinovasi  mengatasi kendala dalam penyelenggaraan pelayanan masyarakat. Menurutnya, diperlukan percepatan dan upaya luar biasa untuk menciptakan perubahan dan cara baru melalui gerakan ‘Satu Instansi Satu Inovasi’ (One Agency One Innovation).

‘’Setiap OPD harus punya minimal 1 inovasi pelayanan publik, inovasi akan berubah setiap tahun sampai menemukan yang terbaik. Kalau tidak bisa, kepala OPD siap-siap digeser. Tapi kita juga ada reward bagi OPD yang bisa mampu berinovasi,’’ tegas dokter spesialis penyakit dalam tersebut.

Kementerian PAN-RB sejak 2014 secara rutin menyelenggarakan KIPP guna mendorong instansi untuk memunculkan inovasi pelayanan publik secara kompetitif.

Wali kota ingin jajarannya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengembangkan gagasan-gagasan yang memberi manfaat kepada masyarakat.

 

Penulis : Prokompim/Pemkot Magelang

Editor  : Doddy Ardjono