blank
Akibat erupsi Gunung Semeru, rumah-rumah warga terkena dampaknya. Tim penyelamat sedang berusaha mengidentifikasi keadaan. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, pihaknya telah melakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus, antara Lumajang-Malang, dengan menggunakan rute lainnya.

Hal itu disampaikan Pujo, terkait dengan terjadinya peristiwa erupsi Gunung Semeru, pada Sabtu (4/12/2021) lalu, sekitar pukul 15.00 WIB. Akibat erupsi itu menyebabkan putusnya infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), dikarenakan jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi.

Meski demikan, layanan telekomunikasi dari dan menuju Lumajang tidak terganggu, karena dapat dilayani dengan jalur alternatif.

BACA JUGA: Bupati Kebumen Lepas Sukarelawan PMI ke Lumajang

Sementara Sentral Telepon Otomat dan alat produksi lainnya, terpantau dalam kondisi aman. Adanya sebagian layanan di beberapa lokasi yang ikut terdampak, dikarenakan padamnya catuan listrik di wilayah sekitar gunung.

”Saat ini kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan, jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak atau terkendala catuan listrik. Kami terus berupaya untuk mengamankan layanan Telkom Group, agar tetap beroperasi normal,” kata Pujo, seperti dalam rilis resminya, Senin (6/12/2021).

Ditambahkan dia, Telkom juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, untuk penyiapan posko bantuan bagi masyarakat.

”Mari kita berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan, serta bencana ini bisa segera berlalu,” pintanya.

Riyan