blank
Mahasiswi UIN Walisongo, Youla Afifah Azkarrula dan Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr KH Ahmad Izzuddin MAg, menunjukKan alat instrumen inovasi 'Mujtama'aini UIN Walisongo', yang membuatnya tampil sebagai yang terbaik. Foto: dok/ist

BANDA ACEH (SUARABARU.ID)– Tim Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang yang beranggotakan Youla Afifah Azkarrula, Moch Mailan Nahdloh dan Fika Afhamul Fuscha, tampil sebagai Juara I, pada kejuaraan Olimpiade Agama Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam I (Oase PTKI I), yang diadakan di UIN Ar-raniry, Banda Aceh, belum lama ini.

Perlombaan ini diikuti berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia, sejak 5 Oktober hingga 27 November 2021.
Berbagai cabang lomba digelar, seperti pengetahuan agama, sains dan riset. Termasuk salah satunya lomba karya inovasi Astronomi atau Ilmu Falak.

Di babak final, Tim Ilmu Falak UIN Walisongo yang hadir secara offline adalah Youla Afifah Azkarrula. Sedangkan dua anggota lainnya, Moch Mailan Nahdloh dan Fika Afhamul Fuscha, hadir secara online.

BACA JUGA: Persiku Jr Terancam Gagal Ikut Piala Suratin, Ini Penyebabnya

Pada lomba itu, Tim Ilmu Falak UIN Walisongo mempresentasikan sebuah instrumen inovasi bernama ‘Mujtama’aini UIN Walisongo’. Alat ini berfungsi untuk menentukan waktu shalat, arah kiblat dan lain-lainnya.

Materi inilah yang kemudian membawa tim asal Semarang ini, tampil sebagai yang terbaik. Sebagai Juara II diraih UIN Ar-raniry Banda Aceh dan Juara III UIN Sunan Ampel Surabaya.

Atas hasil ini, seluruh anggota Tim Ilmu Falak UIN Walisongo merasa bersyukur atas bangga. Diharapkan mereka, hasil ini bisa memacu rekan-rekannya yang lain, untuk bisa berprestasi lebih baik lagi.

BACA JUGA: Bona Ventura Deklarasikan Diri Maju sebagai Calon Ketua Umum KONI Jateng

”Terima Kasih kepada para pembimbing kami, Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang Dr KH Ahmad Izzuddin MAg, KH Slamet Hambali MSi, Dr Ahmad Adib Rofiuddin MSi dan Ahmad Munif MSi,” kata Youla mewakili rekan-rekannya.

Disampaikan pula apresiasi atas dukungannya kepada Rektor UIN Walisongo Prof Dr KH Imam Taufik MAg, Wakil Rektor III UIN Walisongo Dr Ahmad Arief Budiman MAg, beserta para rektor.

”Kami sampaikan juga terima kasih pada Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr KH Mohamad Arja Imroni MAg, Kaprodi S2 Ilmu Falak Dr Mahsun MAg, Kepala Jurusan S1 Ilmu Falak H Moh Khasan MAg dan kepada orang tua kami,” tukas mereka.

Riyan