blank
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam 'Vaksin Presisi Serentak' Polda Jateng yang berlangsung di Rumah Sakit Bhayangkara, Semarang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) -Kabidokkes Polda Jateng, Dr dr Sumy Hastry, Sp F menekankan komitmen mendukung target pencapaian vaksinasi oleh pemerintah. “Tidak ada hari libur bagi tim vaksinator. Tiap hari kita keliling ke wilayah-wilayah yang belum terjangkau di Jateng,” ungkapnya, Sabtu (27/11/20210), dalam rangka vaksin Presisi Serentak di RS Bhayangkara, Kota Semarang.

Di Rumah Sakit Bhayangkara sendiri, tambah Dr Hastry, masyarakat dipersilakan hadir untuk vaksin. Vaksin yang disediakan per hari adalah 500 dosis. “Pakai surat pengantar atau tidak, silakan hadir. Untuk usia minimal 18 tahun,” terangnya.

Kepada masyarakat juga selalu diserukan, meskipun sudah divaksin, teap harus disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes), yakni memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menghindari bepergian kecuali untuk keperluan yang mendesak/sangat penting.

Target 49 Ribu

Sementara itu untuk meningkatkan kekebalan dan mencegah penyebaran Covid-19, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan Polri mengawal vaksinasi yang dicanangkan pemerintah hingga target 100 persen tercapai. Untuk kegiatan vaksinasi hari ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, yang mana Kapolri memimpin langsung vaksinasi di Bogor.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi serentak ini jajaran Polda Jateng menggelar di 53 titik, yakni Polres dan Polsek dengan sasaran lansia, pelajar dan masyarakat umum,” tuturnya

Luthfi menjelaskan, vaksinasi kali ini menyasar kurang lebih 35.054 orang warga di Jateng. Adapun kegiatan vaksinasi dipusatkan di RS Bhayangkara dengan jenis Sinovac, Mederna dan Pfizer.

“Capaian vaksinasi Polri saat ini 2,2 juta. Khusus jatah vaksinasi Polda Jawa Tengah 49 ribu yang disebar di jajaran Polres dengan harapan segera cepat selesai. Sedangkan untuk capaian vaksinasi di Jateng mencapai 70,20% yang ditargetkan akhir Desember bisa tercapai,” ungkapnya.

Menurut Luthfi, capaian vaksinasi aglomerasi di wilayah Semarang Raya 88,85 % dan capaian di aglomerasi wilayah Solo Raya telah mencapai 102,34 %. Untuk itu Polda Jateng akan terus melakukan vaksinasi agar target Herd Immunity atau ketahanan kelompok tercapai di akhir Desember ini.

Sementara itu target vaksinasi serentak sendiri per hari untuk vaksinasi Nasional mencapai 2.300.000 dosis, Polda Jawa Tengah mencapai 49.700 dosis, sedangkan Provinsi Jateng 248.502 dosis.

Ning-Mul