blank
Tenaga pendidikan mengikuti donor darah memperingati HUT Ke 76 PGRI, (Dok PGRI Kota Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Memperingati HUT Ke 76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional pada 25 November 2021, PGRI Kota Magelang kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang menggelar kegiatan donor darah.

‘’Target peserta donor darah sekitar 150 peserta,’’ ujar  Ketua PGRI Kota Magelang, Nurwiyono, di Balai Pelajar Kota Magelang, Minggu (21/11).

Menurutnya, selain para tenaga pendidik, kegiatan donor darah juga diikuti para relawan dan juga Paguyuban Alumni SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 1 Kota Magelang. Selain donor darah, lanjut Kepala SMP Negeri 1 Magelang, juga dilakukan bakti sosial di wilayah Kecamatan Magelang Tengah dan Kecamatan Magelang Utara.

Beberapa waktu lalu dilaksanakan berbagai macam lomba antara lain menyanyi, menari dan  tenis meja , tenis lapangan, bulutangkis dan senam.

Hasilnya, beberapa guru Kota Magelang berhasil meraih juara pada ajang lomba yang juga digelar se eks Karesidenan Kedu. Yakni, juara pertama dan kedua lomba menyanyi, juara dua lomba tari. Sedang untuk tenis meja dan tenis lapangan meraih juara ketiga dan  bulutangkis dan senam meraih juara harapan.

‘’Tahun ini dua guru di Kota Magelang meraih medali emas pada ajang Guru Limpic 2021 untuk pemanfaatan IT. Yakni, guru dari SMP IT Kota Magelang dan seorang guru olahraga dari SMP Negeri 9,”  tuturnya.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono menambahkan, pihaknya mendukung kegiatan donor darah dalam rangka HUT Ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional tersebut, dengan memberikan kupon bagi para pendonor yang bisa digunakan untuk membeli makanan di PKL Plengkung di Jalan Piere Tendean Kota Magelang.

‘’Pemberian kupon bagi para pendonor dilakukan untuk mendukung program Pemkot Magelang, yakni ‘nglarisi ‘PKL dan UKM, khususnya PKL Plengkung,’’ terangnya.

Mantan Inspektur Inspektorat Kota Magelang menerangkan, kegiatan “nglarisi” PKL adalah kedua kalinya. Sebelumnya, para peringatan Hari PMI beberapa waktu lalu pihaknya mengajak seluruh relawan, anggota dan pengurus PMI Kota Magelang  juga membeli makanan  bagi para PKL di Jalan Piere Tendean Kota Magelang.

Nominal kupon yang diberikan bagi para pendonor yang lolos pemeriksaan kesehatan sebesar Rp20.000 per orangnya. Sedang bagi pendonor yang tidak lolos pemeriksaan kesehatan karena tekanan darah atau HB tidak memenuhi syarat tetap diberikan kupon sebesar Rp10.000.

 

Doddy Ardjono