Kapolres Jepara AKBP Warsono, S.H., S.I.K., M.H. bersama ketua PWO IN Jawa Tengah dan ketua PWO IN Jepara saat menghadiri acara pelatihan jurnalistik

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka peringatan hari Pahlawan, Persatuan Wartawan Online (PWO) Independen Nusantara Jepara telah menyelenggarakan pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang berlangsung di lobi utama Hotel Jepara Indah diikuti oleh 110 peserta yang terdiri atas wartawan, mahasiswa, LSM,dan pelajar. Hadir pula Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH, S.I.K, MH.

Pelatihan dibuka oleh ketua DPW PWO Independen Nusantara provinsi Jawa Tengah, Drs. Rahmat, S.H., M.H.

Drs. Rahmat, S.H., M.H, ketua DPW PWOIN provinsi Jawa Tengah.

Menurut ketua PWO kabupaten Jepara, H.Ali Achwan, S.T. MH., kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan bekal keterampilan teknik jurnalistik, etika jurnalistik, beserta berbagai peraturan perundang-undangan yang menyangkut dunia pers.

Peserta pelatihan jurnalisik yang diselenggarakan o;eh PWOIN.

Disamping itu juga diberikan pengetahuan tentang teknologi informasi yang sangat diperlukan bagi tugas jurnalistik di media online. “Harapan PWO dengan bekal tersebut, mereka dapat melaksanakan tugas jurnalistik dengan benar,” ujar Ali Achwan.

H.Ali Achwan, S.T. MH, ketua PWOIN Jepara

Sementara itu, Ketua DPW PWO Independen Nusantara Provinsi Jawa Tengah, Rahmat, mengungkapkan peran media online yang sangat besar dalam dunia pers. Sebab kemajuan teknologi telah membawa masyarakat kepada budaya digital. “Karena itu media digital perlu dikelola dengan profesional didasarkan pada kode etik jurnalistik,” papar Rahmat.

Ia juga mengungkapkan PWO sebagai organisasi para wartawan online berhimpun, tentu memiliki komitmen dan loyalitas terkait dengan UU Pers maupun kode etik jurnalistik. Oleh karena itu, Rahmat mengajak seluruh anggota PWO untuk benar-benar memedomani standar etik jurnalistik.

Peserta pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh PWOIN kabupaten Jepara

Rahmat juga mengungkapkan saat ini PWO telah memiliki kepengurusan di 22 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. Oleh sebab itu, bagi wartawan media online yang hendak bergabung dipersilakan untuk menghubungi pengurus yang ada di daerahnya masing-masing.

Disamping harus memiliki persyaratan keterampilan jurnalistik, anggota PWO juga harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Hadepe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here