blank
Ketua TP PKK Kudus Mawar Hartopo membagikan makanan kepada warga dalam gerakan Hari Jumat Makan Gratis (HUMANIS). Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo membuka kegiatan HUMANIS (Hari Jumat Makan Gratis) di Halaman Kantor Kelurahan Mlati Kidul, Jumat (5/11).

Kegiatan yang diinisasi oleh Pemerintah Kelurahan Mlati Kidul semata-mata untuk membantu sesama di hari Jumat yang penuh berkah. Donasi sarapan gratis dikumpulkan dari para dermawan dengan menggandeng masyarakat Mlati Kidul.

Mawar Hartopo sangat mengapresiasi kegiatan sosial HUMANIS sebagai bentuk guyub rukun antar warga masyarakat. Dengan bersedekah, tentunya menumbuhkan rasa tenggang rasa yang semakin kuat serta menjadi lahan pahala bagi para donatur. Ia berharap kegiatan tersebut terus berlanjut bahkan menjadi inspirasi bagi wilayah desa / kelurahan lain.

“Kami sangat apresiasi, semoga bisa berlanjut terus. Bersedekah adalah sebuah kenikmatan, bisa membantu sesama dan mendapat pahala. Ini cerminan bahwa masyarakat kota juga tetap guyub rukun saling tenggang rasa,” tuturnya.

Sementara itu Lurah Mlati Kidul, Rama Riskika, mengungkapkan bahwa kegiatan HUMANIS terlaksana berkat partisipasi masyarakat bersama TP PKK kelurahan. Sebagai wadah Kegiatan sosial, masyarakat Mlati Kidul mengumpulkan sedekah yang disalurkan kembali dalam bentuk makan gratis untuk umum, utamanya bagi warga Mlati Kidul. HUMANIS akan terus dilaksanakan setiap bulan selama dua kali pada Jumat minggu pertama dan ketiga.

“Ide bermula bagaimana kita jadikan satu sedekah di hari Jumat lewat kegiatan HUMANIS. Mengelola sedekah dari donatur kita kemas dalam acara ini dengan wujud sarapan pagi gratis untuk umum. Ibu ibu PKK sangat mendukung dan semangat sekali meski persiapan dalam waktu singkat,” ungkapnya.

Kegiatan yang diawali dengan senam pagi, dihadiri oleh Wakil Ketua III DPRD Kudus, Camat Kecamatan Kota, serta Tim Penggerak PKK Kelurahan.

Tm-Ab