blank
Imam Besar Masjid Aqsa Palestina ketika berkunjung ke Kampus Unsiq Jateng di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Imam Besar Masjid Aqso Palestina Syaikh ‘Ammar Azmi Ar-Rafati Al-Jailani Al-Hasani mengunjungi Kampus Unsiq Jawa Tengah di Wonosobo, Selasa (2/11), sore kemarin.

Kunjungan ulama besar yang dipusatkan di Masjid Al Furqon itu, disambut jajaran Rektorat dan sejumlah mahasiswa. Meski diguyur hujan deras pertemuan berlangsung cukup hikmat hingga acara selesai.

Tampak menyambut kedatangan pengarang Kitab Al-Manaqib itu, Rektor Unsiq Dr H Z Sukawi MA, Wakil Rektor I Dr KH Ngarifin Shidiq MPdI, Wakil Rektor II Dr H Mahfudz Junaedi MH dan Wakil Rektor III Dr Ir H Heri Hermanto MT.

Syaikh ‘Ammar Azmi menyampaikan pidato dengan bahasa Arab dan diterjemahkan oleh dosen Unsiq Dr Asyhar Kholil Lc MA. Dzuriyah Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani itu, lebih banyak mengupas isi dan mukjiat Al Quran Al Karim di hadapan mahasiswa.

Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo Dr H Z Sukawi MA menyambut baik kehadiran Syaikh ‘Ammar Azmi Ar-Rafati Al-Jailani Al-Hasani di kampusnya. Tausiyah yang diberikan beliau sangat berarti untuk mengembangkan kampus berbasis ilmu Al Quran dan pesantren tersebut.

“Unsiq Jateng di Wonosobo uni telah berdiri sejak 1988. Perguruan tinggi ini didirikan oleh Al Maghfurllah Simbah KH Muntaha Al Hafidz. Kami sangat mengharapkan barokah dan syahadah dari Syaikh agar bisa mengamalkan Al Quran dengan baik,” ujarnya.

Sumber Ilmu

blank
Sejumlah mahasiswa Unsiq Jateng di Wonosobo ketika mendengarkan tausiyah Imam Besar Masjid Aqsa Palestina. Foto : SB/Muharno Zarka

Syaikh ‘Ammar Azmi menyebut Al Quran merupakan kalam Allah SWT yang paling top dan sempurna. Ilmu Al Quran merupakan ilmu yang diberkahi langsung oleh Allah SWT. Siapa yang mempelajari Al Quran akan mendapat berkah-Nya.

“Semua ilmu sudah ada dalam Al Quran. Tidak saja ilmu fiqh, aqidah, kalam, tafsir-hadist dan tarbiyah. Tapi ilmu fisika, biologi, kimia, kedokteran, geologi, falak/astronomi dan matematika juga ada,” tegasnya.

Menurutnya, sebaik-sebaiknya manusia adalah orang yang mempelajari sekaligus mengamalkan Al Quran. Mereka adalah golongan orang-orang yang akan mendapatkan berkah serta keselamatan di dunia dan diakherat.

“Orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Quran merupakan golongan yang dekat dengan Allah SWT. Al Quran juga akan menjadi penolong bagi manusia kelak ketika berada di akherat,” tuturnya.

Karena itu, beliau sangat menaruh perhatian pada Unsiq Jateng di Wonosobo sebagai wadah bagi mahasiswa dan santri untuk mempelajari Al Quran. Unsiq telah melahirkan banyak penghafal (hafidz dan hafidzoh) Al Quran.

“Unsiq telah jadi mercusuar bagi mahasiswa dan santri untuk mempelajari Al Quran. Saya senang berada di sini karena telah banyak melahirkan ahli Al Quran,” ujar pemilik suara emas MTQ tingkat internasional itu.

Muharno Zarka