blank
Sobat Ganjar Pranowo sebagai relawan yang mengusung Gubernur Jawa Tengah untuk menjadi Presiden RI menyelenggarakan Deklarasi Nasional di GOR Manunggal Jati, Kota Semarang, bertepatan dengan HUT calon Presiden yang diusung pada Kamis (28/10/2021). Foto : Dok Istw

SEMARANG (SUARABARU.ID) Banyak Pondok Pesantren dan para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) yang memberikan dukungan secara penuh kepada Gubernur Ganjar Pranowo untuk maju menjadi Presiden RI dalam kontestasi politik 2024 mendatang.

Selain pondok pesantren yang memiliki banyak pemilih dari santri dan juga dari para pensiunan PNS (ASN), ada juga petani, pedagang serta dari berbagai kalangan masyarakat lain yang menyatakan diri sebagai relawan untuk mendukung pencalonan Ganjar Pranowo yang tergabung di dalam Relawan Sobat Ganjar Pranowo (SGP).

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum SGP Gus Achmad Muhdlor Ihsan, salah satu santri dari Pondok Pesantren Futukhiyah Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, saat memberikan pernyataan kepada awak media di jalan Tri Lomba Juang, Semarang, Senin (1/11/2021).

“Jujur saja, Kami sebagai Ketua Umum SGP, lahir dari komunitas pesantren dan kami alumnus pesantren. Jadi ketika ada sosok pemimpin yang religius, itu yang menjadi magnit yang besar bagi kami. Dan kami salut terhadap Mas Ganjar sebagai tojoh Nasional yang Religius,” jelas Gus Achmad Muhdlor ber api-api.

Oleh sebab itu, lanjutnya, alasan relawan SGP memberikan dukungan terhadap pencalonan Ganjar Pranowo menuju RI 1 adalah murni untuk kepentingan rakyat. Sebab selama ini, pihaknya telah melihat sosok Gubernur Jawa Tengah ini sebagai sosok pemimpin yang teruji dan terbukti sebagai pemimpin yang merakyat dan religius.

“Mas Ganjar merupakan seorang pemimpin yang sudah terbukti dan teruji selama dua periode sebagai pemimpin yang merakyat, tegas dan religius,” tegas Gus Achmad

Terkait pemerataan dukungan relawan SGP, imbuhnya, relawan SGP yang didirikan sejak bulan Mei 2021 lalu ini, sudah ada terbentuk kepegurusannya di 34 Provinsi dan 500 kabupaten/kota di Indonesia serta ada pula di 35 Negara di luar Indonesia.

Sedangkan untuk rekomendasi, yang harus diterima oleh calon presiden yang akan diusung dari partai pengusung yang selama ini menjadi kendaraan politik Ganjar Pranowo, Ketua Umum SGP ini menagaskan, pihaknya tidak mau berfikir tentang rekomendasi partai, sebab hal itu bukan menjadi ranah dan tanggung jawab relawan.

“Masalah rekomendasi itu bukan ranah kami sebagai relawan. Jadi relawan tugasnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat di seluruh Indonesia tentang sosok mas Ganjar. Urusan rekomendasi adalah urusan partai,” tegas Gus Achmad.

Dengan demikian, imbuhnya, prinsip kerja relawan adalah melakukan sosialisasi terkait dukungannya terhadap Ganjar Pranowo, apapun “kendaraan” politiknya.

“Pada prinsipnya kita tidak mau pusing-pusing. Nantinya itu Mas Ganjar yang mengusung dari partai apa? Kita tidak berfikir kesitu, fokus kita adalah sosialisasi, sosialisasi dan sosialisasi,” pungkas Ketua Umum SGP.

Absa