blank
Kadiskominfo Jepara Arif Darmawan bersama salah satu peserta pemilihan duta wisata

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara Arif Darmawan mengajak duta wisata untuk turut bersinergi dalam mempromosikan berbagai potensi dan keunggulan pariwisata di Kabupaten Jepara.

Hal ini disampaikan Arif Darmawan, saat memberikan pembekalan materi untuk 30 besar Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara, pada Senin (1/11/2021), di Sekuro Village Resort Jepara. Saat ini  30 peserta duta wisata sedang. Dari antara mereka akan dipilih satu putra dan putri terbaik untuk menjadi Duta Wisata 2021

Menurut Arif  Darmawan, Duta Wisata salah satu unsur generasi muda yang akan mengisi pembangunan Jepara masa depan. “Karena itu sudah seharusnya memantapkan niat memajukan Jepara. Salah satu caranya membekali diri dengan kemampuan dan pengetahuan tentang Jepara,” ujar Arif Darmawan.

blank
Arif Darmawan saat memberikan motivasi kepada peserta pemilihan Duta Wisata 2021

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menaruh harapan besar untuk pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Jepara. Bahkan Bupati Jepara Dian Kristiandi beberapa waktu lalu telah mengeluarkan kebijakan wisata gratis di Kabupaten Jepara.

“Ini harus kita sampaikan kepada wisatawan dari luar daerah. Wisata gratis berlaku Senin hingga Jumat. Untuk akhir pekan dan hari besar tetap dikenakan retribusi,” kata dia.

Jepara mempunyai banyak potensi pariwisata. Mulai dari wisata sejarah, budaya, wisata alam, hingga wisata religi. Selain itu, potensi kuliner yang ada di Jepara sangat layak untuk dipromosikan kepada wisatawan. “Kita punya horok-horok dan dan sate kikil yang cukup menarik bagi wisatawan. Selain itu, rasanya juga enak,” kata dia.

Perlu diingat, selain pariwisata, Jepara juga sebagai The World Carving Center atau pusat ukiran dunia dengan segala potensi unggulan daerah. Ini bertujuan untuk menarik investor, pembeli dari dalam dan luar negeri, sekaligus wisatawan domestik mancanegara.

Alvaros