Wakil Rektor Unisnu 1, Dr. H. Mahalli, M.Pd saat membuka acara lomba

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa dalam skill literasi bagi para pelajar fan mahasiswa, UPT Pengembangan Bahasa Unisnu mengadakan Festival Bulan Bahasa  bekerjasama  dengan UKM Orsha (Organisasi Bahasa) menggelar lomba-lomba tingkat nasional untuk tingkat SMA sederajat dan Mahasiswa melalui online (daring) maupun offline (luring).

Festival Bulan Bahasa 2021 mengangkat tema “Mengepakkan Sayap Indonesia Melalui Bahasa.” Acara ini terselenggara bersamaan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dengan harapan para pelajar dan mahasiswa memiliki ruang berekspresi untuk meningkatkan literasi bahasa. Kegiatan ini satu hari digelar secara luring di gedung Fakultas Sains dan Teknologi Unisnu lantai 3 (28/10-2021)

Penampilan tari burung untuk memeriahkan pembukaan lomba dalam rangka Bulan Bahasa

Acara ini dihadiri oleh rektor  Unisnu, Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., yang diwakili oleh Wakil Rektor 1, Dr. H. Mahalli, M.Pd., segenap panitia Festival Bulan Bahasa, para peserta lomba, dan para undangan.

Wakil Rektor 1, Dr. H. Mahalli, M.Pd., dalam sambutannya  memberikan apreasiasi kepada UPT Pengembangan Bahasa yang telah menyelenggarakan Festival Bulan Bahasa yang diselenggarakan bersamaan bersamaan dengan hari Sumpah Pemuda. “Kegiatan ini sangat baik untuk menumbuihkan kecintaan kita pada bahasa, termasuk bahasa Indonesia,” ujar Mahalli. Semoga  UPT Bahasa mampu menjadi salah satu pusat pengembangan pelayanan masyarakat, baik bahasa Indonesia, Inggris, Arab maupun Korea, tambahnya

Rangkaian acara Festival Bahasa sehari secara offline meliputi lomba Speech diikuti oleh tingkat SMA sederajat dan lomba Duta Bahasa oleh tingkat mahasiswa Unisnu. Adapun beberapa lomba telah diselenggarakan secara daring tingkat SMA sederajat dan mahasiswa meliputi lomba essay, lomba podcast, dan lomba short movie.

Penampilan acara pembuka pembacaan puisi oleh mahasiswa PGSD

Setelah itu ada pra acara menampilkan kreasi seni dan budaya, dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba short movie dan podcast dengan memutar karyanya. Dilanjutkan dengan lomba debat dan lomba duta bahasa.

Para pemenang

Penampilan salah satu peserta lomba Speech

Ketua panitia Festival Bulan Bahasa, Tristan Alfian, M.Sn., menyampaikan apresiasinya kepada para peserta dan undangan turut meramaikan kegiatan Festival Bulan Bahasa. “Kegiatan Festival Bulan Bahasa ini merupakan tahun ke-2 diselenggarakan oleh UPT Pengembangan Bahasa dengan tema literasi,” ujarnya.

Sedangkan pemenang lomba terdiri dari lomba Essay yaitu juara 1 atas nama Aliyuddin Erick Kurniawan dari Unisnu Jepara, Juara 2 diraih oleh Ahmad Hadlirin Maulana Yusuf dari Unisnu Jepara, dan juara 3 diraih oleh Veronica Nancy Pratiwi dari Universitas Jenderal Soedirman.

Sedangkan pemenang lomba Podcast yaitu juara 1 diraih oleh Muhammad Wahyudi dari Unisnu, dan juara 2 diraih oleh Naila Faza Allysea dari SMA N 1 Tahunan. Pemenang lomba Short Movie yaitu juara 1 diraih oleh Galang Riezqi Aesa dari Unisnu, dan juara 2 diraih oleh Helen Febri Valentina dari MA Al Fauzin Guyangan Bangsri.

Untuk lomba Speech  juara 1  diraih oleh Misykah  Auliya Ghifara (MAN 1 Jepara),  juara 2 Marsa Anggita Fairuza (SMAN 1 Tahunan)  dan juara 3 diraih oleh  Wahyu Intan Maulinnikmah (SMAN 1 Tahunan ). Sedangkan lomba Duta Bahasa mahasiswa Unisnu juara 1 diraih oleh Isna Umroatul Farihah (PG-PAUD), juara 2 diraih oleh Muhammad Syahrul Romadhon (Manajemen), dan juara 3 diraih oleh Tazkiyya Fillah Auliya (Ekonomi Islam).

Alvaros

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini