blank
Para siswa SD di Solo, mengikuti aksi mewarnai sketsa gambar yang dikemas untuk kampanye Anak Indonesia Bersih Sehat.

SOLO(SUARABARU.ID) – Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) di Solo, mengikuti gelar aksi mewarnai dengan tema Anak Indonesia Bersih dan Sehat.

Mereka adalah para siswa dari Kelas 3, 4, 5, dan 6 SD Negeri Tugu Jebres, Kentingan, Solo. Dengan pensil warna, pastel dan spidol, beramai-ramai menuangkan ekspresinya mewarnai beragam sketsa gambar yang disediakan panitia.

Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso SSn, MDs, selaku Ketua Tim Pelaksana, menyatakan, aksi ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

”Dengan mendapatkan dukungan dari Kemenko PMK dan Forum Rektor Indonesia,” jelas Basnendar sembari menambahkan event ini bekerjasama dengan Komunikotavisual dan Komunitas Istana Dongeng Nusantara.

Aksi ini dikemas sebagai kegiatan kampanye untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, dan berlangsung Selasa (26/10).

Kampanye GNRM

Event ini, tambah Basnendar, dirancang sebagai pelaksanaan kegiatan kampanye Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melalui partisipasi masyarakat Tahun 2021.

Yakni melalui aksi mewarnai gambar untuk selalu waspada dan tangguh menghadapi pandemi, dengan pola hidup bersih dan sehat, serta mematuhi Prokes.

Kata Basnendar, kegiatan ini merupakan ajuan dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, yang mencatat sebagai satu-satunya proposal wakil dari perguruan tinggi seni di Indonesia.

Sepuluh karya terbaik mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah satu set alat tulis dalam totebag unik.

Kegiatan ini, dimeriahkan dengan mendongeng jenaka tentang kebiasaan hidup bersih dan sehat oleh Kak Tarwo dari Komunitas Istana Dongeng Nusantara.

‘Kepala SD, Didit Rudi Endar Widyatmaja SPd, menyatakan, ini merupakan kegiatan positif dalam memberi edukasi Prokes,” jelasnya.

Kaprodi DKV ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias SSn, MSn, menyebutkan, kampanye ini disesuaikan dengan karakter siswa SD, agar pesan dan tujuannya dapat diterima dengan baik.

Bambang Pur