SEMARANG– Tiga dosen Jurusan teknik Elektro Universitas Semarang ( USM) mengadakan pelatihan dengan tema “ Pemanfaatan Sumber Energi Matahari sebagai Energi Alternatif Bagi Guru SD IT MTA Semanggi Kota Surakarta“ menggunakan modul yang telah disiapkan dalam pembelajaran secara langsung di aula SD IT MTA Semanggi. Ketiga pemateri antara lain Dr Supari ST MT, Titik Nurhayati ST MEng dan Andi Kurniawan Nugroho ST MT, pelaksanaan PKM pada Hari Selasa, 12 Oktober 2021.

Mereka memberikan pelatihan dan tata cara pemasangan panel surya secara langsung di hadapan beberapa guru SD IT MTA Semanggi serta melibatkan beberapa mahasiswa MBKM dari wilayah Surakarta.

Materi yang diberikan antara lain, beberapa energi alternatif, pemanfaatan sumber energi matahari dalam mengurangi beban PLN dalam rumah tangga, tutorial secara langsung perakitan panel surya dalam skala kecil, serta perhitungan ekonomis dalam pemanfaatan energi surya.

Menurut Titik Nurhayati ST MEng pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan guru SD IT MTA Semanggi dalam merakit panel surya untuk skala rumah tangga serta dapat diajarkan juga bagi anak didiknya, sehingga dapat mengurangi beban listrik PLN akibat laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat khususnya daerah Surakarta.

“ Pelatihan ini menambah wawasan guru akan peranan energi alternatif yang ada dalam masyarakat, sehingga guru-guru SD dapat memberikan ilmu yang diterima untuk diterjemahkan ke anak didik sedini mungkin serta orang tua peserta didik,” ungkap Titik.

Tenaga guru SD sebagai bagian terpenting dari Pendidikan dasar anak usia dasar sangat membantu dalam menyebarkan informasi tentang pemanfaatan energi surya, sehingga menanamkan sedini mungkin tentang pemanfatan energi alternatif yang sangat kaya dimiliki oleh bangsa Indonesia karena mempunya dua musim , penghujan dan kemarau, sehingga energi alternatif dapat digunakan sebagai pengganti energi fosil yang akan semakin lama semakin habis.

Saiful Hadi – USM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini