blank
Pelajar antre vaksin hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Keberhasilan Polres Magelang dalam menggelar vaksinasi massal bagi warga mencapai angka 100 ribu orang lebih. Kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan sejak Juni hingga Oktober 2021.

Demikian diungkapkan Kapolres Magelang melalui Kasi Humas Iptu Abdul Muthohir, Rabu (20/10/2021). Secara kumulatif hingga Selasa 19 Oktober 2021, Polres Magelang telah berhasil memvaksin sebanyak 100.307 orang. Dengan rincian 56.788 orang vaksin dosis I, ditambah 43.391 orang vaksin dosis II, dan sebanyak 128 orang vaksin dosis III.

Menurut dia, keberhasilan tersebut tak lepas dari sinergitas yang terjalin antara Polres Magelang dan beberapa pihak. Di antaranya para tenaga kesehatan dari Dokkes Polres Magelang, tenaga kesehatan dari TNI, Puskesmas, para relawan, serta pihak lainnya.

“Animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi semakin meningkat. Kami berharap herd immunity (ketahanan kelompok) segera terwujud dan program vaksinasi nasional sukses tercapai,” tandasnya.

Guna percepatan capaian vaksinasi, dia mengimbau masyarakat yang belum vaksin agar mendaftarkan diri di Gerai Polres Magelang. Pendaftaran cukup datang ke Polsek setempat atau melalui Babinkamtibmas dengan membawa KTP dan mengisi data diri pada aplikasi: peduliLundungi.

Iptu Abdul Muthohir menambahkan, capaian angka 100 ribu lebih itu setelah pada Selasa (19/10) pagi hingga sore digelar vaksinasi di tiga lokasi. Masing-masing di Gerai Polres Magelang, Balaidesa Kalipucang Kecamatan Grabag, dan di Ponpes Lu’lu’ Wal Marjan Kecamatan Mungkid.

Muthohir menambahkan, keberhasilan vaksinasi tersebut juga diikuti makin meluasnya sosialisasi protokol kesehatan (Prokes), yakni memakai masker, menghindari/menjauhi kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, serta menghindari bepergian kalau tidak untuk kepentingan yang mendesak/penting.

Hasil vaksinasi di Gerai Polres Magelang sejumlah 386 orang terdiri dari 253 orang vaksin dosis I dan 133 orang dosis II. Kemudian di Balaidesa Kalipucang Kecamatan Grabag berhasil memvaksin 497 orang dengan vaksin dosis I.

Sementara di Ponpes Lu’lu’ Wal Marjan Mungkid memvaksin 96 santri. Terdiri dari delapan santri divaksin dosis I dan 88 santri vaksin dosis II. Sehingga keseluruhan di tiga tempat memvaksin 758 orang vaksin dosis I dan 221 orang vaksin dosis II. “Totalnya kemarin 979 orang,” jelasnya.

Eko Priyono-mul