blank
Munawar Cholil dari Fraksi Partai Golkar DPRD Kebumen diambil sumpahnya menjadi Wakil Ketua DPRD setempat, Senin (18/10).(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pimpinan DPRD Kebumen dari Partai Golkar mulai Senin (18/10) resmi beralih dari Yuniarti Widayaningsih ke Munawar Cholil.

Munawar Cholil tergolong politisi baru. Sebelumnya ia birokrat dan terakhir menjabat Sekcam Ambal. Namun pada Pemilu 2019 ia maju sebagai caleg dan terpilih. Meski politisi baru, Cholil suami dari Ketua DPD Partai Golkar Kebumen Halimah Nurhayati.

Pergantian Pimpinan DPRD Kebumen itu pun mendapat sorotan publik. Sekaligus mengakhiri ontran-ontran politik di tubuh Partai Golkar Kebumen dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya Yuniarti politisi muda Partai Golkar asal Pejagoan itu diplot menjadi Wakil Ketua DPRD Kebumen 2019-2024.

Yuniarti diketahui semula masih famili dekat Halimah Nurhayati. Sebab Yuniarti menikah dengan adik kandung Munawar Cholil. Namun dalam perkembangannya ditengarai terjadi konflik keluarga. Akhirnya berujung pergantian pimpinan DPRD.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo telah menerbitkan Surat Keputusan pada 13 Oktober 2021. Intinya menyetujui usulan pergantian antarwaktu Wakil Ketua DPRD Kebumen dari Yunarti Widayaningsih ke Munawar Cholil. Kepada Yuniarti diberhentikan dengan hormat sebagai Wakil Ketua DPRD Kebumen dan disampaikan ucapan terima kasih atas pengabdiannya.

Sementara itu Munawar Cholil telah resmi diambil sumpahnya sebagai Wakil Ketua DPRD Kebumen oleh Ketua Pengadilan Negeri Kebumen Edi Subagiyo SH MH pada Senin (18/10), di ruang Rapat Paripurna DPRD. Acara dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan segenap Forkompinda.

Secara terpisah Sekretaris DPRD Partai Golkar Kebumen Lulus Triparyadi saat dihubungi Suarbaru.id menjelaskan, pergantian pimpinan DPRD tersebut telah melalui prosedur. Diusulkan dari DPD Partai Golkar Kebumen ke DPD Partai Golkar Jateng dan DPP Partai Golkar.

Menurut Lulus, proses selanjutnya merupakan ranah Gubernur Jateng. Setelah Gubernur menerbitkan SK pemberhentian dan peresmian Pimpinan DPRD Kebumen maka pelantikan dilakukan oleh DPRD.”Keputusan pergantian Pimpinan DPRD Partai Golkar ini sudah melalui mekanisme partai, kita usulkan ke DPD Jateng serta DPP dan telah disetujui,”jelas Lulus.

Ketika disinggung mengapa pergantian Wakil Ketua DPRD Kebumen tidak diberikan kepada kader senior Partai Golkar di Legislatif seperti Restu Gunawan atau Suprapto HS, Lulus menyatakan, hal tersebut merupakan keputusan politik dan telah melalui pertimbangan yang matang.

Komper Wardopo